PENGARUH PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS BELANJA PUBLIK (Studi Kasus pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS BELANJA PUBLIK (Studi Kasus pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS BELANJA PUBLIK (Studi Kasus pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung)
Author: Mulyani, Mira
Abstract: Skripsi yang berjudul “ Pengaruh Penganggaran Berbasis Kinerja terhadap Efektifitas Belanja Publik”(Studi kasus pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung) ini beranjak dari masalah tersebut adalah kurangnya perhatian Pemerintah Pusat atau Daerah terhadap Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja, karena dianggap pemborosan. Anggaran Berbasis Kinerja ini berorientasi pada hasil dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Penelitian ini mencoba untuk melihat ada tidaknya Pengaruh Penganggaran Berbasis Kinerja terhadap Efektivitas Belanja Publik. Dengan menggunakan metode deskriptif penulis berusaha untuk memecahkan masalah-masalah melalui data-data yang ditampilkan untuk kemudian diolah, dianalisis, diproses lebih lanjut, dan diinterpretasikan. Hipotesis yang diajukan adalah Penganggaran Berbasis Kinerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Efektivitas Belanja Publik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi, analisis korelasi dan uji “t”. Pengujian regresi ini ditujukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara Penganggaran Berbasis Kinerja (Variabel Independen) terhadap Efektivitas Belanja Publik (Variabel Dependen). Hasil regresi ini menunjukan nilai b atau koefisien regresi adalah 0.00000002671 dan bertanda positif, yang berarti variabel independen memberi pengaruh yang positif terhadap variabel dependen. Pengujian dengan analisis korelasi ditunjukan untuk mengetahui kuat lemahnya hubungan variabel independent dengan variabel dependen. Hasil analisis korelasi atau nilai r adalah 0.822 artinya hubungan antara kedua variabel tersebut adalah kuat. Sementara itu besarnya pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen dapat ditunjukan dengan koefisien determinasi yaitu sebesar 67.50%. Dalam pengujian hipotesis penulis menggunakan statistik uji “t”. Bila t (hitung) > t (tabel) maka keputusan statistiknya Ho ditolak atau Ha diterima. Hasil pengujian hipotesis ini menunjukan t (hitung) sebesar 2.885 dan t (tabel) sebesar 2.132. Artinya bahwa Penganggaran Berbasis Kinerja dengan Efektivitas Belanja Publik terdapat korelasi positif. Dengan demikian nilai t (hitung) > t (tabel), sehingga keputusan statistiknya adalah Ho ditolak atau Ha diterima. Maka hipotesis “Terdapat pengaruh positif antara Penganggaran Berbasis Kinerja dengan Efektivitas Belanja publik” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5319
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 73.98Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 74.26Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 196.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 232.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 402.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.026Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 85.54Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record