ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM DAN DIVIDEN PADA KELOMPOK INDUSTRI FARMASI ( Survei pada perusahaan industri farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM DAN DIVIDEN PADA KELOMPOK INDUSTRI FARMASI ( Survei pada perusahaan industri farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM DAN DIVIDEN PADA KELOMPOK INDUSTRI FARMASI ( Survei pada perusahaan industri farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)
Author: Fenny
Abstract: Laporan keuangan merupakan suatu media yang dapat memberikan gambaran dan informasi mengenai keadaan keuangan suatu perusahaan pada suatu waktu tertentu. Laporan keuangan dianalisis untuk mengetahui arti dari angka-angka yang tercantum dalam laporan keuangan tersebut sehingga bermanfaat bagi para pemakainya. Selain itu dengan menganalisis laporan keuangan dapat diketahui prestasi perusahaan dari tahun ke tahun dan hasil dari analisis tersebut dapat digunakan untuk menilai kinerja perusahaan. Berdasarkan uraian di atas, penulis melakukan penelitian untuk skripsi ini dengan judul “Analisis Laporan Keuangan untuk Penilaian Kinerja Perusahaan terhadap Harga Saham dan Dividen Pada Kelompok Industri Farmasi”. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah analisis laporan keuangan untuk penilaian kinerja perusahaan terhadap harga saham dan dividen. Perusahaan farmasi yang diteliti yaitu PT Bristol Myers Squibb Indonesia Tbk., PT Kimia Farma Tbk., PT Merk Tbk., PT Tempo Scan Pasific Tbk.Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode desriptif dengan pendekatan survei. Data yang digunakan adalah data sekunder. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis laporan keuangan adalah metode analisis horizontal (dinamis) dengan teknik analisis rasio yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, dan rasio penilaian pasar.Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik statistik parametris yang terdiri dari koefisien korelasi ganda dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa kinerja perusahaan berpengaruh terhadap harga saham dan dividen perusahaan farmasi, hubungan antara analisis laporan keuangan untuk penilaian kinerja perusahaan berhubungan dengan harga saham sebesar 98,2% dan sisanya 1,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Sedangkan hubungan antara analisis laporan keuangan untuk penilaian kinerja perusahaan berhubungan dengan dividen sebesar 98,6% dan sisanya 1,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi analisis laporan keuangan untuk penilaian kinerja perusahaan terhadap harga saham dan dividen antara lain kondisi pasar, kondisi perekonomian, kebijakan pemerintah, kondisi politik dan keamanan, berita dan rumor. Saran yang diberikan penulis kepada PT Bristol Myers Squibb Indonesia Tbk. adalah perusahaan perlu melakukan pengelolaan yang lebih efektif terhadap aktiva lancar yang dimilikinya agar rasio lancar dan rasio quick perusahaan tidak terlalu tinggi, PT Kimia Farma Tbk. sebaiknya lebih memanfaatkan modal kerja dan aktiva yang dimilikinya secara lebih efektif dan efisien, PT Merk Tbk. sebaiknya mengurangi biaya-biaya yang tidak penting (tidak menambah nilai), meningkatkan penjualan, dan melakukan efisiensi terhadap biaya operasi sehingga dapat meningkatkan profit margin, dan PT Tempo Scan Pasific Tbk. sebaiknya perusahaan melakukan pengelolaan yang lebih efektif terhadap aktiva lancar yang dimilikinya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5316
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 7.208Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.42Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.97Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.18Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.44Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.83Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.24Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.39Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 186.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 72.05Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 146.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.08Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.60Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record