PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi Kasus pada Hotel Cianjur, Cabang Cianjur)

Widyatama Repository

PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi Kasus pada Hotel Cianjur, Cabang Cianjur)

Show full item record

Title: PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DALAM PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi Kasus pada Hotel Cianjur, Cabang Cianjur)
Author: Christyanti, Selviana
Abstract: Sistem informasi akuntansi penjualan jasa sewa kamar adalah hal yang penting dalam rangka meningkatkan kegiatan pengendalian internal terutama dalam mendapatkan informasi penjualan jasa sewa kamar yang akurat karena pengendalian internal penjualan jasa sewa kamar merupakan bagian penting dalam siklus kelangsungan hidup hotel. Penanganan masalah perlu dilakukan dengan serius untuk menghindari adanya kecurangan dan penyelewengan yang dapat merugikan hotel dan karyawan, sehingga diperlukan suatu sistem, kebijakan, dan prosedur yang memadai. Agar sistem informasi akuntansi penjualan dapat berjalan dengan baik maka perlu ditunjang oleh pengendalian internal yang efektif pula. Agar pengendalian internal penjualan jasa sewa kamar ini dapat berjalan dengan baik, maka manajemen memerlukan informasi yang dihasilkan dari penjualan jasa sewa kamar yang memadai. Efektivitas selalu dihubungkan dengan tujuan yang diterapkan, efektivitas penjualan jasa sewa kamar dicapai apabila pengendalian internal penjualan jasa sewa kamar telah dilakukan secara efektif dengan hasil yang dicapai. Keefektifan dapat dinilai dari : 1)Exsistensi, 2)Kelengkapan, 3)Akurat, 4) Klasifikasi, 5)Tepat waktu 6)Posting dan Pengikhtisaran. Berdasarkan hasil penelitian, penulis melakukan penelitian mengenai “ Peran Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan Jasa Sewa Kamar ”. Yang menjadi objek penelitian adalah Hotel Cianjur Cabang Cianjur. Metode yang digunakan adalam penyususan skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian data yang dikumpulkan, melalui observasi dan wawancara ke bagian yang berhubungan dengan masalah penjualan jasa sewa kamar. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian dan pembahasan mengungkapkan bahwa sistem informasi akuntansi yang dilakukan oleh Hotel Cianjur berperan dalam menunjang efektivitas penjualan jasa sewa kamar. Hal ini terlihat adanya unsur sistem informasi akuntansi yang memadai, tercapainya tujuan sistem informasi akuntansi, terdapat komponen pengendalian internal, dan tercapai efektivitas penjualan jasa sewa kamar. Adapun saran yang dikemukakan sebagai bahan pertimbangan bagi Hotel Cianjur Cabang Cianjur agar hendaknya terdapat pemisahan tugas antara pelaksana penjualan jasa sewa kamar (Receptionist) dengan petugas yang menerima uang kas penjualan jasa sewa kamar (Cashier). Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadi penyalahgunaan wewenang atau penyelewengan. Dan Pelaporan ke Accounting Departement yang membutuhkan hendaknya selalu dilakukan pada periode yang seharusnya untuk mencegah resiko salah pencatatan atau salah saji.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5311
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 14.52Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.19Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.78Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.33Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.67Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.86Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.81Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 56.57Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 111.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 51.67Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 117.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.43Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.43Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record