PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi survei pada beberapa Hotel di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi survei pada beberapa Hotel di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi survei pada beberapa Hotel di Bandung)
Author: Rahayu, Silvia Sri
Abstract: Keterpurukan ekonomi yang melanda Indonesia, mengakibatkan banyak perusahaan di Indonesia sulit berkembang dan tidak sedikit yang menutup usahanya. Oleh karena itu, didalam pengelolaan suatu perusahaan diharapkan adanya kepengurusan yang baik agar kelangsungan hidup perusahaan dapat dipertahankan. Bagi perusahaan khususnya di bidang jasa perhotelan, penjualan merupakan aktivitas yang sangat penting yang harus dikendalikan karena penjualan merupakan bidang yang dinamis dengan kondisi yang berubah. Mengingat pentingnya kegiatan penjualan dan tingginya persaingan yang terjadi di dunia usaha, maka sangatlah perlu bagi perusahaan untuk melakukan pengendalian dalam kegiatan yang dilakukan perusahaan seperti kegiatan promosi. Salah satu alat bantu manajemen dalam meningkatkan efektifitas penjualan adalah menerapkan anggaran biaya promosi. Langkah pertama yang dilakukan dalam penerapan anggaran adalah menetapkan besarnya biaya yang dianggarkan, lalu dilakukan pengukuran atas pelaksanaan yang sesungguhnya dan langsung dibandingkan dengan anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya untuk mengetahui besarnya penyimpangan yang terjadi. Setelah itu dilakukan perhitungan selisih agar diketahui apa yang menjadi penyebab terjadinya penyimpangan tersebut sehingga dapat dilakukan perbaikan. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan survei, yaitu dengan menemukan fakta dari penelitian kemudian diproses lebih lanjut dengan dasar teori yang ada. Sedangkan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan teknik penelitian lapangan (Field Research) dengan bantuan instrumen berupa kuesioner. Selain itu penulis juga melakukan wawancara untuk memperoleh informasi tambahan mengenai masalah yang terkait dengan skripsi. Peneliti juga melakukan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis yang dipakai untuk dasar pertimbangan dengan kenyataan yang ada selama dilakukan penelitian. Untuk membuktikan hipotesis didasarkan pada klasifikasi menurut Spearman. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata pencapaian realisasi pada hotel-hotel di Bandung tahun 2004-2006 yaitu sebesar 76.58% dengan penyimpangan sebesar 23.42% dan rata-rata peningkatan penjualan untuk tiga (3) tahun terakhir sebesar 32.11%. Dari hasil pengujian, dapat diketahui bahwa nilai hitung t (4.83) > tabel t (2.110). Hal ini menunjukkan bahwa “Anggaran Biaya Promosi yang memadai, ,maka akan Meningkatkan Efektifitas Penjualan Jasa Sewa Kamar” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5303
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 37.16Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 51.78Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 70.06Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 137.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 121.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 143.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 64.33Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 52.99Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record