PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (Studi Kasus Pada PT. X, Cimahi, Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (Studi Kasus Pada PT. X, Cimahi, Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (Studi Kasus Pada PT. X, Cimahi, Bandung)
Author: Prameswari, Dinda
Abstract: Tujuan umum dari setiap perusahaan adalah untuk memperoleh laba, dimana laba merupakan seluruh pendapatan setelah dikurangi biaya-biaya yang dikeluarkan selama periode yang bersangkutan untuk memperoleh laba, maka perusahaan melakukan aktivitas-aktivitas sesuai dengan jenis usahanya. Persediaan barang dagangan merupakan suatu unsur yang sangat penting bagi perusahaan dagang dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan. Untuk itu diadakan pengendalian atas persediaan barang dagangan agar persediaan barang dagangan selalu terjamin keamanannya. Efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagangan juga tidak terlepas dari pengaruh diterapkannya sistem informasi akuntansi persediaan. Efektivitas pengendalian internal terpengaruh dengan baik bila didukung oleh informasi yang dapat dipercaya dan tepat waktu yang dihasilkan oleh sistem informasi akuntansi. Struktur organisasi dan uraian tugas yang jelas akan mempengaruhi tercapainya efektivitas pengendalian internal. Karena dalam struktur organisasi terlihat adanya pemisahan fungsi dan pembagian wewenang antara bagian satu dengan yang lain, dan uraian tugas yang jelas dapat membantu karyawan untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Berdasarkan uraian di atas penulis mengajukan hipotesis bahwa ”Sistem Informasi Akuntansi Persediaan yang diterapkan secara memadai dapat menunjang efektivitas pengendalian persediaan barang dagangan”. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, penulis melakukan penelitian mengenai sistem informasi akuntansi persediaan barang dagangan yang diterapkan dan unsur-unsur pengendalian persediaan barang dagangan pada PT. X. Metode yang dipergunakan adalah metode analisis deskriptif, dan untuk mengumpulkan data digunakan studi lapangan dan studi kepustakaan, pengolahan data dilakukan dengan cara menghitung persentase jumlah jawaban kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase jumlah jawaban kuesioner untuk variabel independen 75% dan jumlah jawaban kuesioner untuk variabel dependen 76,3% sehingga dapat disimpulkan bahwa, penerapan sistem informasi akuntansi persediaan pada PT. X berpengaruh positif terhadap efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagangan ini didukung oleh terpenuhinya unsur-unsur sistem informasi akuntansi dan unsur-unsur pengendalian internal persediaan barang dagangan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5296
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.97Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.78Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 80.04Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 434.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 138.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 421.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 53.43Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record