ANALISIS PERAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT PENSIUN (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bandung-A.H. Nasution)

Widyatama Repository

ANALISIS PERAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT PENSIUN (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bandung-A.H. Nasution)

Show full item record

Title: ANALISIS PERAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT PENSIUN (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bandung-A.H. Nasution)
Author: Indriani, Nita
Abstract: Bank adalah merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat serta menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Kredit merupakan pendapatan dari bank yang terbesar. Salah satu bentuk kredit yang dikeluarkan oleh bank adalah kredit pensiun. Kredit ini disalurkan kepada para pensiunan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Selain keuntungan dari kredit yang besar, kredit mempunyai risiko yang besar pula. Risiko kredit yang utama adalah terjadinya kredit bermasalah. Kredit yang dikategorikan kedalam jenis ini adalah kredit kurang lamcar, kredit diragukan dan kredit macet. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka diperlukan pengendalian internal yang memadai. Hal ini disebabkan dengan adanya peengendalian internal maka risiko yang akan terjadi akan seminimal mungkin. Efektivitas selalu berhubungan dengan tujuan yang telah ditetapkan. Efektivitas pemberian kredit dapat diartikan apabila pemberian kredit telah dioperasikan secara efektif dan hasil yang bisa dicapai. Efektivitas pemberian kredit dapat dinilai dari; dilaksanakannya prosedur pemberian kredit, tercapainya anggaran pemebrian kredit dan membaiknya posisi kolektibilitas kredit. Penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian atas data-data yang telah dikumpulkan melalui pembagian kuesioner dan wawancara yang dilakukan penulis, kemudian dianalisis dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, penulis melihat bahwa pengendalian internal yang dilaksanakan PT Bank Rakyat Indonesia Cabang A.H. Nasution berperan dalam dalam menunjang efektivitas pemberian kredit pensiun. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan dengan mengunakan JD. Champion dengan hasil secara keseluruhan sebesar 90,53%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan tersebut maka penulis menyimpulkan bahwa pengendalian internal berperan dalam menunjang efektivitas pemberian kredit pensiun.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5291
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.34Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.43Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.48Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.44Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.16Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.98Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 42.71Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 100.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 37.08Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 145.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.01Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.74Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record