EVALUASI PENERAPAN METODE DEPRESIASI AKTIVA TETAP MESIN PABRIK PERUSAHAAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA POKOK PRODUKSI (Studi Survey Pada 3 Perusahaan)

Widyatama Repository

EVALUASI PENERAPAN METODE DEPRESIASI AKTIVA TETAP MESIN PABRIK PERUSAHAAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA POKOK PRODUKSI (Studi Survey Pada 3 Perusahaan)

Show full item record

Title: EVALUASI PENERAPAN METODE DEPRESIASI AKTIVA TETAP MESIN PABRIK PERUSAHAAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA POKOK PRODUKSI (Studi Survey Pada 3 Perusahaan)
Author: Gusnita, Nani
Abstract: Masalah yang diteliti dalam penyusunan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kesesuaian penetapan kebijakan mengenai metode depresiasi aktiva tetap mesin pabrik dalam perusahaan dengan SAK dan landasan teori, (2) Bagaimana pengaruh kebijakan perusahaan dalam menetapkan metode depresiasi aktiva tetap mesin pabrik terhadap harga pokok produksi. Maksud penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan pengaruh penerapan metode depresiasi aktiva tetap mesin pabrik perusahaan terhadap besarnya Harga Pokok Produksi (HPP), dan mencari hubungan dasar antara teori dan kenyataan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode depresiasi aktiva tetap mesin pabrik dalam perusahaan mengenai memadai atau tidaknya, untuk menganalisis sejauh mana pengaruh penerapan metode depresiasi aktiva mesin pabrik tersebut terhadap Harga Pokok Produksi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dan metode arsip dengan pendekatan studi survey. Pengumpulan data primer dilakukan melalui interview, observasi, dan mempelajari metode, catatan-catatan yang berlaku pada perusahaan,sedangkan data sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan. Pengujian hipotesis yang dilakukan adalah dengan cara membandingkan penerapan metode depresiasi aktiva tetap mesin pada perusahaan, dengan metode depresiasi lain yang sesuai dengan PSAK, dan menerapkan hasil perhitungan depresiasi tersebut terhadap penetapan Harga Pokok Produksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa PT. Oriental Kyowa Industri, PT. Oriental Manufacturing Indonesia, dan PT. S A Engineering Indonesia menerapkan metode depresiasi Garis Lurus (Straight Line Method) dalam perhitungan depresiasi mesin pabriknya. Dimana dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode depresiasi mesin dalam perusahaan telah memadai, namun penerapan metode depresiasi mesin perusahaan tidak secara signifikan mempengaruhi pada besarnya Harga Pokok Produksi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5290
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.676Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.88Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.41Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.19Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.94Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.18Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.01Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.87Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 120.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 92.45Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 142.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 23.87Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.42Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record