PENGARUH KANDUNGAN INFORMASI KOMPONEN ARUS KAS TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN (Penelitian pada 15 Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEJ)

Widyatama Repository

PENGARUH KANDUNGAN INFORMASI KOMPONEN ARUS KAS TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN (Penelitian pada 15 Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEJ)

Show full item record

Title: PENGARUH KANDUNGAN INFORMASI KOMPONEN ARUS KAS TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN (Penelitian pada 15 Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEJ)
Author: Mukti, Febiadi
Abstract: Tujuan laporan arus kas adalah untuk menyediakan informasi yang relevan mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dalam suatu entitas untuk suatu periode. Informasi ini berguna bagi investor dan kreditor untuk menilai kemampuan entitas untuk menghasilkan arus kas bersih masa depan dan membandingkannya dengan kewajiban-kewajiban jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk kemungkinan pembayaran dividen masa depan. Pada sisi lain, nilai saham juga mewakili nilai perusahaan, bukan hanya merupakan nilai intrinsik pada suatu waktu, tetapi lebih penting lagi mewakili harapan akan kemampuan perusahaan di kemudian hari. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh kandungan informasi komponen arus kas baik secara bersama maupun secara parsial terhadap perubahan harga saham perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Objek penelitian dalam perusahaan ini adalah kandungan informasi arus kas dalam kaitannya dengan perubahan harga saham perusahaan. Perusahaan yang diteliti terdiri dari 15 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta selama dua periode berturut-turut, yaitu mulai dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2005. Hasil perhitungan statistik dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, dimana pengaruh parsial diuji dengan menggunakan uji t dan pengaruh bersama diuji dengan menggunakan uji F, dengan tingkat signifikansi 5% yang berarti tingkat keyakinannya adalah sebesar 95%, menunjukkan baik bahwa secara bersama maupun secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kandungan informasi komponen arus kas terhadap perubahan harga saham perusahaan. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa analisis fundamental belum dapat dijadikan acuan untuk menilai perubahan harga saham. Dengan demikian, fakta teknikal masih mendominasi investor dalam investasi saham di pasar modal. Hal ini menunjukkan bahwa masih rendahnya tingkat efisiensi pasar modal yang bersangkutan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5287
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.72Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.85Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.65Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.83Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.97Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.44Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.69Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.29Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 71.93Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 145.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 215.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 86.66Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.79Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record