PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI MAHASISWA AKUNTANSI ( Studi survey pada Universitas di Kota Bandung )

Widyatama Repository

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI MAHASISWA AKUNTANSI ( Studi survey pada Universitas di Kota Bandung )

Show full item record

Title: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI MAHASISWA AKUNTANSI ( Studi survey pada Universitas di Kota Bandung )
Author: Yuliastuti, Citra
Abstract: Motivasi belajar adalah keseluruhan daya pengerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberi arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar dapat tercapai. Proses motivasi itu sendiri tidak dapat terlihat secara langsung, yang terlihat hanya tingkah laku dari suatu kegiatan, sehingga untuk melihat hasil dari motivasi mahasiswa dalam proses belajar dapat diunjukkan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana motivasi belajar mahasiswa akuntansi, bagaimana prestasi mahasiswa akuntansi dan bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi mahasiswa akuntansi. Penulis mengunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan survey, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselediki secara terperinci untuk menghasilkan rekomendasi, untuk keperluan di masa yang akan datang. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi mahasiswa akuntansi pada ketiga universitas di kota Bandung, yaitu Universitas Widyatama, Universitas Padjadjaran dan Universitas Parahyangan. Dari hasil angket dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa akuntansi. Sedangkan dari hasil analis statistik diperoleh nilai korelasi dengan nilai 0,614 dan nilai KD sebesar 37,70%, artinya bahwa motivasi belajar mahasiswa akan mempengaruhi secara signifikan terhadap prestasi mahasiswa akuntansi sebesar 37,70% sedangkan 62,30% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar motivasi belajar mahasiswa akuntansi yang tidak ditinjau dalam penelitian ini. Sedangkan persamaan regresi yang diperoleh Y= - 1,124 + 1,086 X yang artinya bila X bernilai 0 maka nilai Indek prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa akuntansi sebesar – 1,124 dan bila nilai motivasi belajar mahasiswa akuntansi bertambah 1 maka nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa akuntansi meningkat sebesar 1,086, dan hasil analisis uji hipotesis diperoleh t hitung = 7,290 > t tabel = 2,000 sehingga hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jika motivasi belajar baik maka berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa akuntansi. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi diantara kedua variabel tersebut yang termasuk dalam kategori keempat yaitu hubungan yang kuat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5286
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.218Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.17Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.62Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.33Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.02Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.90Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.50Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.19Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 97.00Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 62.35Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 125.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.17Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.76Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record