HUBUNGAN PENERAPAN BALANCE SCORECARD PADA PERSPEKTIF PELANGGAN DENGAN EFEKTIVITAS KINERJA MANAJEMEN (Studi kasus pada Divisi Niaga PT.PLN (Persero)

No Thumbnail Available
Date
2007
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara penerapan balance scorecard sebagai alat untuk mengukur kinerja dengan efektivitas kinerja manajemen. Penelitian ini dilaksanakan pada Divisi Niaga PT. PLN (Persero) Bandung. Balance scorecard adalah suatu sistem pengukuran kinerja yang meliputi aspek keuangan dan nonkeuangan dan tentunya untuk menerjemahkan misi dan strategi perusahaan ke dalam seperangkat menyeluruh yang memberi kerangka kerja bagi pengukuran dan juga sistem manajemen strategis. Selain tetap memberi penekanan pada pencapaian tujuan finansial, juga memuat faktor pendorong kinerja tercapainya tujuan finansial tersebut, yang pengukuran kinerjanya pada empat perspektif yang seimbang, yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal, dan proses pembelajaran serta pertumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis kasus. Pengumpulan data dan informasi dilaksanakan dengan studi lapangan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya hubungan penerapan balance scorecard pada perspektif pelanggan yang sangat berhubungan dengan efektivitas kinerja manajemen. Berdasarkan hasil uji analisis statistik diperoleh hasil yaitu hubungan penerapan balance scorecard pada perspektif pelanggan dengan efektifitas kinerja manajemen memiliki persentase sebesar 84,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hubungan penerapan balance scorecard pada perspektif pelanggan sangat berhubungan dengan efektivitas kinerja manajemen.
Description
Keywords
Balance Scorecard
Citation