PERANAN PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN PUSAT BIAYA TERHADAP PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Study Kasus pada PDAM Serang)

Widyatama Repository

PERANAN PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN PUSAT BIAYA TERHADAP PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Study Kasus pada PDAM Serang)

Show full item record

Title: PERANAN PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN PUSAT BIAYA TERHADAP PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Study Kasus pada PDAM Serang)
Author: Indriyani, Nani
Abstract: Secara umum perusahaan didirikan dengan tujuan utama untuk memperoleh laba disamping beberapa tujuan lainnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka semua kegiatan yang akan dilaksanakan harus direncanakan. Secara seksama semakin kompleksnya masalah menyebabkan banyak kegiatan harus direncanakan berdasarkan perencanaan yang cermat, cara pengkoordinasian, dan pengendalian yang tepat supaya kegiatan tersebut dapat dikendalikan sebaikbaiknya. Dalam operasi perusahaan tidak terlepas dari biaya yang digunakan untuk mendukung kegiatan operasi tersebut. Jika biaya operasi dapat dikelola dengan baik, maka keefektifan dan keefisienannya pun akan tercapai. Agar efektivitas biaya operasi dapat dicapai, maka diperlukan penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang menghasilkan informasi akuntansi pertanggungjawaban yang relevan untuk mencapai efektivitas pengendalian biaya operasional. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis mencoba melakukan penelitian mengenai “Peranan Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Pusat Biaya terhadap Pengendalian Biaya Operasional”. Perusahaan yang menjadi lokasi penelitian adalah PDAM Serang yang berlokasi di Jl. K.H.Abdul Khotib Serang Banten. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan berupa kuisioner, wawancara serta observasi langsung, dan penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca dan mempelajari teori-teori yang berhubungan dengan akuntansi pertanggungjawaban. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan metode analisis statistik. Hasil perhitungan jawaban kuisioner menunjukkan bahwa besarnya nilai untuk variabel independen adalah 85,81%, jika dihubungkan dengan kriteria yang telah ditentukan berarti akuntansi pertanggungjawaban yang diterapkan oleh PDAM Serang secara memadai berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya operasional. Sedangkan untuk variabel dependen diperoleh nilai sebesar 84,44%, jika dihubungkan dengan kriteria yang telah ditentukan berarti pengendalian biaya operasional di PDAM Serang dilaksanakan dengan baik. Hal ini menunjukkan hipotesis “Akuntansi pertanggungjawaban pusat biaya yang diterapkan secara memadai akan berperan terhadap pengendalian biaya operasional” dapat diterima. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada PDAM Serang, penulis membuat simpulan dan saran. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa akuntansi pertangungjawaban yang memadai dapat menunjang efektivitas pengendalian biaya operasional, sedangkan saran yang disampaikan merupakan bahan pertimbangan bagi perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5281
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.830Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.13Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.45Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.80Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 47.80Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 84.70Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 63.51Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 106.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.64Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.16Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record