PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERALATAN MEDIS ( Studi kasus pada Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung )

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERALATAN MEDIS ( Studi kasus pada Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung )

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERALATAN MEDIS ( Studi kasus pada Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung )
Author: Usman, Julia
Abstract: Dalam melaksanakan kegiatan operasional suatu perusahaan diperlukan berbagai sumber daya yang dapat menunjang kelancaran operasinya. Begitu pula bagi rumah sakit memerlukan sumber daya untuk menjalankan kegiatannya. Salah satu sumber daya yang sangat penting adalah berbagai jenis peralatan medis sebagai aktiva tetap rumah sakit. Pengendalian yang efektif dalam mengelola aktiva perusahaan sangat diperlukan karena adanya keterbatasan kemampuan pimpinan perusahaan dalam mengendalikan perusahaannya. Sehingga diperlukan adanya alat bantu yang dapat mengawasi untuk memberikan informasi dan rekomendasi yang diperlukan oleh pimpinan agar pengendalian internal dapat berjalan dengan efektif dan memadai. Peralatan medis ini harus dikelola dengan baik agar dapat berfungsi dengan baik dalam membantu kelancaran operasional rumah sakit. Untuk memastikan bahwa segala kebijakan dan prosedur yang berlaku dalam pengelolaan peralatan medis telah diterapkan dan dilakukan dengan baik, diperlukan suatu mekanisme atau alat evaluasi dan penilaian yang independen dan objektif yang dapat membantu manajemen dalam mencapai efektivitas pengelolaan. Oleh sebab itulah dilakukan audit internal terhadap efektivitas pengelolaan peralatan medis. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada RS St. Borromeus yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul: “Peranan Audit Internal dalam Menunjang Efektivitas Pengelolaan Peralatan Medis”. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk diambil suatu kesimpulan mengenai hasil yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai pelaksanaan audit internal pada RS St. Borromeus, diperoleh bahwa audit internal atas pengelolaan peralatan medis telah memadai dan berperan dalam menunjang efektivitas pengelolaan peralatan medis. Hal ini dapat dilihat dari adanya program audit, pelaksanaanya, temuan audit yang dilaporkan kepada manajemen dan kemudian ditindaklanjuti dalam bentuk perbaikan kinerja ataupun penerapan kembali kebijakan dan prosedur yang berlaku, serta adanya pemantauan dan evaluasi secara terus menerus dari auditor internal atas pelaksanaan tindak lanjut tersebut. Dan dengan didukung oleh hasil perhitungan persentase jawaban pertanyaan pada kuesioner dengan menunjukkan bahwa audit internal yang memadai sebagai variabel independen menunjukkan persentase 79,38% memberikan pengaruh positif, dan efektivitas pengelolaan peralatan medis sebagai variabel dependen menunjukkan persentase 70,98% memberikan pengaruh positif. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu “Audit internal yang memadai berperan dalam menunjang efektivitas pengelolaan peralatan medis” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5280
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.707Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.56Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.52Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.11Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.13Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.32Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.53Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 38.37Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 90.54Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 34.35Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 157.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.08Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.07Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record