PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENJUALAN SEWA KAMAR ( Survei pada Hotel-hotel Berbintang Empat di Bandung )

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENJUALAN SEWA KAMAR ( Survei pada Hotel-hotel Berbintang Empat di Bandung )

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENJUALAN SEWA KAMAR ( Survei pada Hotel-hotel Berbintang Empat di Bandung )
Author: Efi
Abstract: Dalam suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa khususnya perhotelan, aktivitas penjualan sewa kamar mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan dan perkembangan perusahaan karena aktivitas tersebut menghasilkan pendapatan bagi hotel. Oleh karena itu, diperlukan suatu pengendalian atas penjualan sewa kamar hotel untuk menilai apakah pengendalian sudah efektif sehingga diperlukan kegiatan audit. Judul penelitian yang dilakukan penulis adalah “Peranan Audit Internal dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Atas Penjualan Sewa Kamar” (survey pada hotel-hotel berbintang empat di Bandung). Masalah-masalah yang dibahas antara lain menyangkut perencanaan audit internal, efektivitas pengendalian internal atas penjualan sewa kamar dan peranan audit internal terhadap efektivitas penjualan sewa kamar. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode verifikatif, yaitu merupakan tipe penelitian dengan karakteristik masalah berupa sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini digunakan studi lapangan (field study) dengan bantuan instrumen yang dikembangkan menjadi pertanyaan umum dan khusus dengan skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dan selanjutnya membuat analisa, mengambil kesimpulan dan memberikan saran-saran, serta studi kepustakaan (library study) yaitu dengan melaksanakan pengumpulan teori-teori yang berhubungan dengan penelitian dan pembahasan skripsi. Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Dari hasil perhitungan statistik didapat bahwa angka koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,943. yang berarti hubungan antara audit internal yang dilaksanakan dengan memadai dan efektivitas pengendalian internal penjualan sewa kamar termasuk yang sangat kuat, sedangkan kememadaian audit internal berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian atas penjualan sewa kamar sebesar 88,92%, sedangkan sisanya sebesar11,08% dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat t hitung 4,007 > t tabel 2,920, maka hipotesis yang diajukan penulis dapat diterima yaitu bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kememadaian audit internal dengan efektivitas pengendalian atas penjualan sewa kamar.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5276
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.842Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.73Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.99Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.65Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.07Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.68Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.62Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.38Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 90.32Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 54.38Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 196.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.47Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.06Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record