PERANAN ANALISIS KEMAMPUAN DEBITUR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT KONSUMTIF (Studi Kasus pada PD BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon)

Widyatama Repository

PERANAN ANALISIS KEMAMPUAN DEBITUR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT KONSUMTIF (Studi Kasus pada PD BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon)

Show full item record

Title: PERANAN ANALISIS KEMAMPUAN DEBITUR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT KONSUMTIF (Studi Kasus pada PD BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon)
Author: Muliawati, Yokka
Abstract: Penelitian ini dilakukan pada PD BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon yang merupakan milik Pemerintah Daerah (Pemda) Sukabumi. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai peranan analisis kemampuan debitur dalam pengambilan keputusan pemberian kredit konsumtif. Bank harus mengadakan proses seleksi untuk menyaring setiap permohonan kredit yang masuk agar kredit yang diberikan tidak menjadi kredit macet yang dapat merugikan pihak Bank, sebab kredit merupakan sumber utama penghasilan Bank. Salah satu strateginya adalah dengan melaksanakan analisis kemampuan debitur untuk menilai kondisi keuangan calon debitur. Dengan analisis kemampuan debitur ini, Bank dapat memperoleh keyakinan apakah kredit yang diberikan akan dikembalikan tepat pada waktunya disertai bunga pinjaman atau sebaliknya. Dengan alasan diatas, penulis mengadakan penelitian mengenai peranan analisis kemampuan debitur dalam pengambilan keputusan pemberian kredit konsumtif dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan analisis kemampuan debitur dalam pengambilan keputusan pemberian kredit konsumtif dan peranan analisis kemampuan debitur sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan pemberian kredit konsumtif. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, penulis menggunakan penelitian lapangan dengan instrumen berupa kuesioner, wawancara dan observasi, serta penelitian kepustakaan. Adapun untuk melakukan pengujian hipotesis, penulis menggunakan Metode Rank spearman. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis ternyata PD BPR Sukabumi telah melaksanakan analisis kemampuan debitur dengan memadai dan pengambilan keputusan pemberian kredit konsumtif secara efektif dengan hasil pengujian sebesar 0,73. Analisis kemampuan debitur yang dilaksanakan adalah analisis rasio yang telah ditetapkan oleh PD BPR Sukabumi yaitu 60% dari pendapatan bersih calon debitur. Analisis kemampuan debitur yang dilakukan sangat membantu dalam memberikan keyakinan PD BPR Sukabumi mengenai kemampuan debitur dalam membayar pokok pinjaman disertai dengan bunga yang telah ditetapkan tepat pada waktunya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5268
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.47Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.61Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.69Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.58Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.89Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.14Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.92Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 47.85Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 112.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 66.68Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 79.93Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.12Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.42Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record