PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS BIAYA PEMASARAN (Survei pada empat supermarket di Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS BIAYA PEMASARAN (Survei pada empat supermarket di Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS BIAYA PEMASARAN (Survei pada empat supermarket di Bandung)
Author: Magdalena, Sofia
Abstract: Pemasaran memegang peranan penting dalam suatu perusahaan, karena pemasaran merupakan suatu kegiatan yang cukup menentukan keberhasilan perusahaan. Meskipun produk yang ditawarkan dari kegiatan peusahaan mempunyai mutu dan kualitas yang baik, jika tidak didukung oleh kegiatan pemasaran yang baik, produk yang ditawarkan perusahaan tersebut tidak akan dapat dipasarkan kepada konsumen dengan baik. Dengan semakin ketatnya persaingan antar perusahaan, terutama antar perusahaan yang sejenis, maka kegiatan pemasaran akan semakin meningkat pula, dan sebagai akibatnya adalah biaya pemasaran yang semakin besar. Peningkatan biaya pemasaran pada akhirnya akan mempengaruhi besar kecilnya pendapatan dan laba yang diperoleh perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya suatu pengendalian terhadap biaya pemasaran. Akuntansi pertanggungjawaban merupakan salah satu sistem akuntansi yang dapat dipakai sebagai dasar dalam melaksanakan pengendalian biaya pemasaran. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada empat supermarket di Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian penerapan akuntansi pertanggungjawaban, efektivitas biaya pemasaran dan peranan akuntansi pertanggungjawaban dalam menunjang efektivitas biaya pemasaran pada empat supermarket di Bandung. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi survei, yaitu dengan mengambil alat pengumpulan data yang pokok. Sedangkan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah penelitian lapangan yaitu dengan mengadakan penelitian langsung ke perusahaan guna melakukan wawancara dan mengajukan kuesioner dalam rangka memperoleh data primer. Penulis juga melakukan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis penyusunan skripsi ini dengan cara membaca serta mempelajari literatur-literatur yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada empat supermarket di Bandung, diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,942 yang berarti akuntansi pertanggungjawaban yang memadai berperan dalam menunjang efektivitas biaya pemasaran sebesar 94,2%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5265
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 40.25Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.15Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.47Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.45Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.47Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.72Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.40Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 41.51Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 102.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 52.02Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 179.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.44Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.57Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record