PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANGERANG ( Studi kasus Pendapatan pada Pemerintah Kabupaten Tangerang )

Widyatama Repository

PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANGERANG ( Studi kasus Pendapatan pada Pemerintah Kabupaten Tangerang )

Show full item record

Title: PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANGERANG ( Studi kasus Pendapatan pada Pemerintah Kabupaten Tangerang )
Author: Insani, Nurul Andyani
Abstract: “Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dalam Mewujudkan Akuntabilitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.” Pelaksanaan otonomi daerah sebagai implementasi dari Undang-Undang No.33 tahun 2004 dan Peraturan pemerintah No. 104 Tahun 2000 tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah adalah dua peraturan yang berupaya mewujudkan otonomi daerah yang lebih luas. Pemerintah daerah diberikan keleluasaan dalam mengelola sumber daya yang dimiliki daerah. Namun dibalik keleluasaan tersebut pemerintah daerah harus mampu mempertanggung jawabkan bagaimana pengelolaan sumber daerah tersebut. Dalam konsep Good Governance terdapat prinsip akuntabilitas, yaitu bagaimana pemerintah daerah mampu mempertanggungjawabkan kekayaan dan pengelolaan sumber daerah kepada pemerintah pusat, masyarakat, dan pihak berkepentingan lainnya. Dalam hal ini diperlukan informasi akuntansi yang mampu merefleksikan bagaimana akuntabilitas tersebut dicapai pemerintah yaitu dengan laporan keuangan yang accountable. Agar perwujudan akuntabilitas tersebut dapat berjalan dengan baik maka diperlukan suatu sistem yang dapat diterima secara umum dan adanya pertanggungjawaban yang jelas tentang pengelolaan sumber daya daerah. Perubahan sistem tersebut diharapkan dapat mewujudkan akuntabilitas laporan keuangan pada sektor publik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode descriptive study dengan melakukan pendekatan studi kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Tangerang Gedung Lingkup PU Komplek Perkantoran Tiga Raksa Tangerang 15720 pada bagian verifikasi akuntansi dan pelaporan keuangan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapat hasil bahwa Sistem Akuntansi Keuangan Daerah yang diterapkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tangerang menggunakan pencatatan, pengakuan dan pelaporan akuntansi dengan metode kas modifikasi dan double entry accounting serta telah mampu melaporkan laporan keuangan sesuai periode pelaporan. Pada pelaksanaannya kedua metode pencatatan dan pengakuan akuntansi tersebut telah mampu mewujudkan akuntabilitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tangerang melalui laporan keuangan daerah yang disajikan dan dilaporkan dengan accountable dan secara berkala yaitu triwulan, semester dan akhir periode.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5261
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 42.18Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.85Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 37.29Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 76.61Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 74.43Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 128.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.75Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.22Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record