PERANAN PEMERIKSAAN OPERASIONAL TERHADAP EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERN KAS (Studi kasus pada Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PEMERIKSAAN OPERASIONAL TERHADAP EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERN KAS (Studi kasus pada Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PEMERIKSAAN OPERASIONAL TERHADAP EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERN KAS (Studi kasus pada Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung)
Author: Azis, Iqbal Abdel
Abstract: Dengan semakin berkembangnya suatu perusahaan, semakin bertambahnya pula masalah yang dihadapi perusahaan. Pimpinan sulit untuk mengawasi seluruh kegiatan perusahaan secara langsung. Meskipun demikian pimpinan tetap harus dapat mengetahui masalah-masalah yang terjadi di perusahaan, sehingga bila timbul masalah dapat dicari penyebabnya. Selain itu juga manajemen memerlukan suatu alat untuk mengawasi kegiatannya dan memberikan cara pemecahannya bila ditemukan adanya kelemahan/kecurangan. Alat ini juga harus dapat memberikan rekomendasi untuk dilakukannya tindakan korektif Adapun alat bantu yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut adalah pemeriksaan operasional, dengan dilakukannya pemeriksaan operasional, perusahaan berharap dapat menunjang efektivitas bagian yang diperiksa. Berdasarkan masalah di atas, penulis mencoba untuk melakukan penelitian dengan objek penelitian adalah peranan pemeriksaan operasional di Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemeriksaan operasional yang diterapkan, khususnya untuk mengetahui apakah pelaksanaan pengendalian intern atas kas yang diterapkan perusahaan telah berjalan dengan baik, dan untuk mengetahui peranan pemeriksaan operasional terhadap efektivitas pengendalian intern kas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsif analisis, yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan terlebih dahulu kondisi objek penelitian atau perusahaan yang diteliti berdasarkan fakta dan data yang ada dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman dengan n = 12 dan tingkat signifikasi sebesar 0,05. Dari hasil perhitungan menunjukan bahwa responden dalam hal pelaksanaan pemeriksaan operasional mayoritas memberikan jawaban sangat setuju dan setuju sebesar 78,71%, jawaban responden tentang efektivitas pengendalian intern kas sebesar 82,29% responden memberikan jawaban setuju dan kurang setuju. Hubungan antara peranan pemeriksaan operasional dan efektivitas pengendalian intern penerimaan kas termasuk cukup kuat, yaitu sebesar 0,539 sedangkan pengaruh atau kontribusi peranan pemeriksaan operasional terhadap pengendalian intern kas termasuk cukup kuat, yaitu 20,95% sisanya sebesar 70,95% dipengaruhi oleh faktor lain, dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemeriksaan operasional, mempunyai peranan dalam peningkatan efektivitas pengendalian intern kas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5260
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 14.58Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 80.57Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.01Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 208.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 162.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 110.8Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.89Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 230.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 291.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 382.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 752.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.57Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.94Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record