PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN MIE REMAN BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN MIE REMAN BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN MIE REMAN BANDUNG
Author: Triyatna, Iwa; Sukandi, Pipin
Abstract: Secara umum definisi store atmosphere merupakan kegiatan merancang lingkungan pembelian dalam suatu restoran dengan menentukan karakteristik fisik restoran tersebut melaui pengaturan, pemilihan dan aktivitaslingkungan pembelian yang terbentuk pada akhirnya akan menciptakan image dari restoran, menimbulkan kesan yang menarik dan menyenangkan bagi konsumen dan mempengaruhi emosi konsumen saat melakukan pembelian. Elemen-elemen store atmosphere yaitu exterior (papan nama, pintu masuk area parkir), general interior (pencahayaan, suhu ruangan, kebersihan), store layout (kapasitas kursi dan meja, jarak antara tempat duduk, fasilitas restoran) dan interior display (gambar, tanda petunjuk). Melalui penciptaan store atmosphere yang baik maka diharapkan konsumen akan tertarik dan terdorong untuk melakukan pembelian pada restoran mie reman Bandung. Metode penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 125 responden. Metode pengambilan sampel dilakukan secara aksidental sampling, dimana sampel yang dijadikan responden pada penelitian ini adalah konsemn mie reman Bandung yang ditemui secara kebetulan pada saat penelitian berlangsung. Untuk mengukur dan menganalisa kedua variabel diatas metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan juga dilakukan uji validitas dan reliabilitas, koefisien korelasi rank spearman, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian bahwa tanggapan konsumen atas store atmosphere pada restoran mie reman Bandung adalah baik yang ditunjukkan dengan nilai keseluruhan sebesar 3.4768yang artinya baik karena berada pada interval 3,40-4,19. Tanggapan responden mengenai proses keputusan pembelian dapat dikatakan baik yaitu sebesar 3,662 karena berada pada interval 3,40-4,19. Hubungan store asmosphere dengan proses keputusan pembelian diperoleh nilai rs 0,573 yang termasuk kategori cukup kuat. Besarnya pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian sebesar 32,8%. Hasil uji hipotesis diperoleh dari hasil t hitung > t tabel = 7,6 > 1,97944. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukan store atmosphere berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5254
Date: 2014-05-08


Files in this item

Files Size Format View
COVER DEPAN.pdf 261.4Kb PDF View/Open
KATA PENGANTAR.pdf 92.60Kb PDF View/Open
DAFTAR ISI.pdf 326.8Kb PDF View/Open
CONTENT IWA + PIPIN.pdf 263.8Kb PDF View/Open
COVER DEPAN.pdf 261.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record