MANFAAT SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT (Studi kasus pada Bank Jabar cabang Sumedang)

Widyatama Repository

MANFAAT SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT (Studi kasus pada Bank Jabar cabang Sumedang)

Show full item record

Title: MANFAAT SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT (Studi kasus pada Bank Jabar cabang Sumedang)
Author: Ernalia
Abstract: Dewasa ini perbankan merupakan salah satu lembaga yang berkewajiban turut serta dalam memperlancar arus kegiatan di bidang ekonomi dan moneter. Bank dalam aktivitasnya tidak hanya menghimpun dana dari masyarakat, tetapi berfungsi sebagai sumber dana bagi masyarakat yang membutuhkan tambahan dana untuk usahanya. Karena tidak semuanya proyek atau usaha yang besar hanya dibiayai oleh modal sendiri melainkan dibutuhkan bantuan dana yang lain yang berupa pinjaman dari pihak perbankan yang sering kita sebut sebagai kredit. Kredit tidak begitu saja dapat diperoleh oleh masyarakat yang membutuhkan, melainkan harus melalui sistem atau prosedur yang telah ditetapkan bank dan dilengkapi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon debitur sebagai bahan analisis bagi bank untuk mengambil keputusan memberikan kredit atau menolak memberikan kredit. Penulis melakukan penelitian mengenai pemberian kredit pada Bank Jabar Cabang Sumedang Jl. Prabu Geusan Ulun 89 dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan manfaat sistem informasi akuntansi dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pemberian kredit. Dalam penelitian ini penulis mengajukan hipotesis sebagai berikut : “Sistem informasi akuntansi pemberian kredit yang memadai bermanfaat dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pemberian kredit.” Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu metode penelitian yang bertujuan menggambarkan dan membahas keadaan perusahaan berdasarkan fakta yang ada disertai suatu analisis sehingga memberikan gambaran yang cukup jelas. Penulis melakukan wawancara, observasi dan mengajukan kuesioner pada bagian yang berhubungan dengan masalah perkreditan untuk memperoleh data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa manfaat sistem informasi akuntansi pemberian kredit terhadap efektivitas pengendalian internal pemberian kredit sebesar 96%. Hal ini menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi sangat bermanfaat dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pemberian kredit. Dan hipotesis tersebut dapat diterima. Adapun saran yang penulis kemukakan sebagai bahan pertimbangan bagi Bank Jabar Cabang Sumedang agar dalam pemberian kredit lebih berhati-hati dalam melakukan analisis kredit modal kerja untuk mengurangi jumlah kredit macet.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5252
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.676Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.24Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.09Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 47.43Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 103.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 50.21Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 104.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.22Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.72Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record