PERANAN FUNGSI AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BAHAN BAKU (Studi Kasus pada PT MELANIA Cibuni Estate Kabupaten Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN FUNGSI AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BAHAN BAKU (Studi Kasus pada PT MELANIA Cibuni Estate Kabupaten Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN FUNGSI AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BAHAN BAKU (Studi Kasus pada PT MELANIA Cibuni Estate Kabupaten Bandung)
Author: Yulianty, Citra Wulan
Abstract: Perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya dituntut untuk dapat mengelola kegiatan operasionalnya terutama dalam bidang produksi secara efektif, efisien, dan ekonomis. Salah satu aktivitas dalam proses produksi yang cukup riskan adalah pada pengelolaan persediaan bahan baku. Atas dasar tersebut dibutuhkan suatu pengendalian internal atas persediaan bahan baku yang memadai oleh seorang Auditor Internal. Seorang Auditor Internal yang memadai dituntut mempunyai independensi yang tinggi, kompetensi, yang memadai, mampu melaksanakan fungsi Audit Internal, serta mampu melakasanakan tugas dan tanggung jawab audit internal secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari peranan Audit Internal, mengetahui dan mempelajari efektifitas pengendalian internal persediaan bahan baku , serta mengetahui dan mempelajari peranan audit internal dalam menunjang efektifitas pengendalian internal persediaan bahan baku dengan objek penelitian pada PT MELANIA INDONESIA Cibuni Estate Kabupaten Bandung didaerah Jawa Barat. Metode Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan Pendekatan Studi kasus Dengan menggunakan Teknik pengumpulan data, penelitian lapangan dan penelitian literatur. Penelitian lapangan dilakukan melalui rincian pertanyaan atau kuisioner, wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan permasalahan yang diangkat penulis, serta observasi terhadap dokumen dan prosedur perusahaan. Sedangkan penelitian literatur dilakukan melalui pengumpulan literatur, catatan ilmiah, website, dan sebagainya yang dapat dijadikan landasan teoritis untuk menjawab identifikasi masalah. Menguji hipotesis yang ada dengan menggunakan koefisien kolerasi Rank Spearman dengan n = 12 dan tingkat signifikansi sebesar 0,05. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung = 4,72 yang berarti lebih besar dari t tabel (5% : 12) = 1,782. Dari hasil penelitian yang diperoleh dari kuisioner, menunjukkan Audit Internal yang memadai pada PT MELANIA INDONESIA Cibuni Estate Kabupaten Bandung adalah sebesar 51,84% atau dapat dikatakan fungsi Audit Internal dalam menunjang Efektifitas pengendalian Internal Persediaan Bahan Baku adalah sebesar 48,16%.Dengan demikian hipotesis yang diajukan penulis yang menyatakan bahwa audit internal yang dilaksanakan secara memadai akan dapat menunjang efektifitas pengendalian internal persediaan bahan baku yang diajukan penulis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5251
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 69.85Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 76.71Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 72.34Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 75.03Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 84.97Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 71.70Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 71.42Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 81.01Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 96.04Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 242.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 129.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 348.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 82.59Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 76.34Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record