PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN FUNGSI PERSONALIA (Studi Kasus pada PT. Melania Ciwidey)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN FUNGSI PERSONALIA (Studi Kasus pada PT. Melania Ciwidey)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN FUNGSI PERSONALIA (Studi Kasus pada PT. Melania Ciwidey)
Author: Kober, Yolanda
Abstract: Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya sangat ditentukan oleh faktor sumber daya manusia. Untuk mengkoordinasi sumber daya manusia tersebut tidaklah mudah sehingga fungsi personalia perlu dibentuk untuk mengelolanya. Di samping itu, perlu dilaksanakannya audit operasional. Audit operasional merupakan suatu alat yang digunakan manajemen untuk mengukur dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan dalam mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. Audit operasional atas fungsi personalia diperlukan dalam perusahaan. Dengan adanya audit operasional atas fungsi personalia dapat diungkapkan kekuatan dan kelemahan sistem kerja suatu fungsi personalia sehingga dapat dilakukan perbaikan dan dalam cara pengelolaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan perusahaan. Pada skripsi ini penulis mencoba untuk meneliti mengenai peranan audit operasional dalam menunjang efektivitas pengelolaan fungsi personalia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan audit operasional, sistem dan prosedur atas pengelolaan fungsi personalia yang efektif, dan mengetahui sejauh mana peranan audit operasional yang efektif dapat menunjang efektivitas pengelolaan fungsi personalia. Objek penelitian skripsi ini dilakukan pada PT.Melania yang bergerak dalam bidang perkebunan. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode deskriptif analitis. Data yang diperlukan diperoleh melalui studi lapangan, observasi, wawancara, dan pengajuan kuesioner. Disamping itu penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh landasan teoritis yang digunakan sebagai bahan acuan untuk menganalisis data. Dari hasil penelitian dan pembahasannya, akhirnya penulis dapat menyimpulkan bahwa adanya audit operasional yang memadai sangat berperan dalam menunjang efektivitas fungsi personalia. Kememadaian audit operasional tercapai karena kedudukan auditor yang independen dan kompeten, proses pelaksanaan audit yang sesuai pedoman audit, dan adanya tindak lanjut atas rekomendasi yang diberikan, juga didukung oleh hasil penyebaran kuesioner “Peranan audit operasional” sebesar 43,56% Fungsi personalia yang efektif tercapai atas pengelolaan fungsi personalia, mulai dari perencanaan tenaga kerja sampai pemisahan hubungan kerja, juga didukung oleh hasil penyebaran kuesioner “Efektivitas fungsi personalia” sebesar 56,44%. Peranan audit operasional dalam menunjang efektivitas fungsi personalia tercapai karena audit operasional dapat mengevaluasi tingkat efektivitas fungsi personalia dan memperbaiki sistem pengelolaan fungsi personalia dengan adanya pelaksanaan tindak lanjut atas rekomendasi berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh sehingga pengelolaan fungsi personalia semakin efektif. Hal ini juga didukung oleh hasil penyebaran kuesioner yaitu “Audit operasional yang diterapkan secara memadai berperan dalam menunjang efektivitas pengelolaan fungsi personalia” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5248
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 64.78Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 69.42Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 69.69Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 73.38Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 71.48Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 67.73Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 68.28Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 83.23Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 125.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 123.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 183.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 73.78Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 70.75Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record