PENGARUH TINGKAT CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP TINGKAT PERTUMBUHAN LABA OPERASIONAL (Survei pada beberapa Bank di Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH TINGKAT CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP TINGKAT PERTUMBUHAN LABA OPERASIONAL (Survei pada beberapa Bank di Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH TINGKAT CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP TINGKAT PERTUMBUHAN LABA OPERASIONAL (Survei pada beberapa Bank di Indonesia)
Author: Afrianti, Nerisa
Abstract: Rasio Kecukupan Modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) merupakan alat pengukur atau penilai kinerja bank, dengan mengetahui CAR suatu bank maka dapat diketahui kinerja bank yang bersangkutan. CAR dapat pula sebagai penilaian permodalan dalam suatu bank karena modal merupakan faktor yang penting bagi bank dalam rangka pengembangan usahanya sehingga CAR dapat dijadikan sebagai alat penilaian untuk pengambilan keputusan investasi bagi bank yang mengeluarkan saham melalui kondisi dan prestasi keuangan bank yang tercermin dalam laporan keuangannya. Begitu pentingnya Capital Adequacy Ratio dalam perbankan sehingga diperlukan penanganan yang serius karena fungsi bank sebagai urat nadi akan berdampak kepada perekonomian nasional. Sejalan dengan hal tersebut tingkat pertumbuhan labapun ditunjang oleh prestasi kerja bank yang efektif dan efisien, sedangkan tingkat pertumbuhan laba operasional mencerminkan kemampuan manajemen bank dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Tingkat Capital Adequacy Ratio terhadap Tingkat Pertumbuhan Laba Operasional”. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Bank-bank yang menjadi target penelitian ini adalah empat bank yang telah ditunjuk Bank Indonesia sebagai Bank Devisa dan satu lagi merupakan Bank Pemerintah. Media yang digunakan dalam memperoleh Laporan Keuangan masingmasing bank adalah melalui jasa Pojok BEJ Universitas Widyatama. Data yang digunakan adalah rasio CAR dan laba operasional tahun 2002, 2003, 2004, dan 2005. Untuk memperkuat hasil analisis dalam penelitian ini digunakan pula statistik uji t. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap tingkat pertumbuhan laba operasional. Dalam perhitungan analisis, tingkat Capital Adequacy Ratio (CAR) merupakan variabel independen (X), sedangkan Tingkat Pertumbuhan Laba Operasional merupakan variabel dependen (Y). CAR pada level tertinggi diperoleh Bank BCA pada tahun 2002 dengan angka 32,19%, sedangkan laba operasional pada level tertinggi diperoleh Bank Mandiri pada tahun 2004 yaitu sebesar Rp 7.520.599.000 Dari hasil perhitungan, diperoleh persamaan regresi Y = 33,16 + 3,01 X dan t hitung = 3,014. Dengan menggunakan tingkat signifikansi 5 %, menunjukkan bahwa Ho ditolak karena berada dalam daerah penolakan Ho yaitu 3,014 > 2,160, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat Capital Adequacy Ratio (CAR) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pertumbuhan laba operasional.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5246
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.81Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 30.91Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.25Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 39.34Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.97Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.21Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.00Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.82Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 77.65Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 139.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 75.93Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 95.99Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.95Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.65Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record