TINJAUAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN OBAT-OBATAN (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Dr.HASAN SADIKIN Bandung)

Widyatama Repository

TINJAUAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN OBAT-OBATAN (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Dr.HASAN SADIKIN Bandung)

Show full item record

Title: TINJAUAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN OBAT-OBATAN (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Dr.HASAN SADIKIN Bandung)
Author: Pawesti H, Dwi
Abstract: Pada sebagian besar perusahaan, baik industri yang bergerak di bidang perdagangan, persediaan merupakan unsur aktiva lancar yang terbesar dalam neraca. Salah satunya alasan terjadinya kegagalan dalam aktivitas perdagangan atas investasi pada persediaan yang dilakukan perusahaan terlalu besar dan kurang tepatnya pengambilan keputusan dengan segera, untuk menyelenggarakan tingkat persediaan yang sejalan. Dengan pengendalian internal yang efektif dalam hal persediaan, manajemen diharapkan mampu untuk menyediakan data dan laporan yang dapat diandalkan, meningkatkan efisiensi operasi perusahaan, mengamankan harta perusahaan, serta mentaati dan melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan. Agar pengendalian internal ini efektif, diperlukan suatu bagian yang independen yang disebut audit internal. Aktivitas audit internal ini melaksanakan audit independen atas prosedur, operasi dan catatan perusahaan, menilai pengendalian internal, memberikan hasil audit tersebut dalam bentuk saran–saran dan rekomendasi mengenai perbaikan yang perlu dilakukan manajemen guna meningkatkan efektifitas pengendalian internal yang ada dalam perusahaan. Penulis melakukan penelitian terhadap kegiatan persediaan obat pada Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan peranan audit internal dalam menunjang efektifitas pengendalian internal persediaan obat pada Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik adalah pendekatan studi kasus yang bertujuan memberikan gambaran yang jelas mengenai data sehingga menghasilkan informasi guna menganalisis masalah. Penulis melakukan wawancara dengan audit internal dengan audit internal dan staf lainnya yang terkait dengan penelitian di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung serta melakukan pengamatan kegiatan audit internal untuk memperoleh data sekunder yang diperoleh dari literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan pembahasan mengenai audit internal pada Rumah sakit Dr. Hasan Sadikin dapat dikatakan cukup memadai dalam menunjang efektifitas pengendalian internal persediaan obat. Hal ini dapat terlihat dengan penempatan audit internal dalam struktur organisasi perusahaan yang menunjang independensi dan objektivitas audit internal. Adapun kekurangan yang terlihat oleh perhitungan persediaan yang masih manual sehingga memungkinkan terjadi kesalahan perhitungan dan penulis menyarankan agar dalam pencatatan persediaan obat yang dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer, proses input, output dapat terkoordinasi dengan baik sehingga memudahkan dalam pencatatan dan perhitungan persediaan obat dan mengurangi terjadi kesalahan, dan program audit sebaiknya lebih dikaji dan direvisi secara lebih teratur sehingga memudahkan dalam melakukan audit terhadap persediaan obat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5240
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.746Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.92Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.51Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.21Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.77Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.77Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.40Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.16Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 141.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 96.22Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 134.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.73Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.03Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record