ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Survai pada Perusahaan Industri Semen Go Public yang Terdaftar di BEJ)

Widyatama Repository

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Survai pada Perusahaan Industri Semen Go Public yang Terdaftar di BEJ)

Show full item record

Title: ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Survai pada Perusahaan Industri Semen Go Public yang Terdaftar di BEJ)
Author: Azis, Nurvianthy
Abstract: Laporan keuangan merupakan suatu data yang dapat memberikan gambaran dan informasi. Informasi yang diberikan adalah mengenai keadaan keuangan suatu perusahaan pada suatu saat tertentu atau pada periode tertentu. Laporan keuangan dianalisis untuk mengetahui apa arti dari angka-angka yang tercantum dalam laporan keuangan tersebut, sehingga bermanfaat bagi pemakainya. Selain itu, dengan menganalisis laporan keuangan dapat diketahui prestasi keuangan perusahaan dari tahun ke tahun, dan hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk menilai kinerja perusahaan. Berdasarkan uraian di atas, penulis menyusun skripsi ini dengan judul “Analisis Laporan Keuangan Dalam Menilai Kinerja Perusahaan”. Adapun tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah : (1) untuk mengetahui analisis laporan keuangan perusahaan pada kelompok industri semen, dan (2) untuk mengetahui kondisi kinerja pada kelompok industri semen. Penulis melakukan penelitian pada perusahaan-perusahaan kelompok industri semen sebagai objek penelitian. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah PT. Holcim Indonesia Tbk (SMCB), PT. Semen Gresik Tbk (SMGR), dan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP). Penulis menggunakan metode deskriptif dan pendekatan metode survai. Data yang digunakan adalah data sekunder. Berdasarkan analisis, diperoleh kesimpulan bahwa secara umum, PT. Semen Gresik Tbk (SMGR) memiliki kinerja paling baik, yang disusul oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), dan kemudian PT. Holcim Indonesia Tbk (SMCB). Saran yang diberikan penulis adalah perusahaan untuk berhati-hati dalam menentukan keputusan jumlah produksi dan volume penjualan. Diharapkan perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran yang lebih baik. Penulis juga menghimbau agar perusahaan dapat meningkatkan kualitas serta menciptakan inovasi-inovasi baru terhadap produknya. Selain itu, penulis juga mengharapkan adanya suatu penelitian lanjutan yang membahas mengenai manfaat analisis laporan keuangan dalam menilai kinerja perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5225
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.62Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.90Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 49.66Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 121.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 74.83Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 427.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.45Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record