PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SARBANES-OXLEY ACT SECTION 404 (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SARBANES-OXLEY ACT SECTION 404 (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SARBANES-OXLEY ACT SECTION 404 (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.)
Author: Bakhtiar, Harsaid Yusuf
Abstract: Topik penelitian ini adalah pelaksanaan Sarbanes-Oxley Act Section 404 pada PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk yang berlokasi di jalan Japati nomor 1 Bandung. Yang menjadi objek penelitian adalah peranan unit Audit Internal PT.Telkom dalam menunjang pelaksanaan Sarbanes-Oxley Act section 404. Adanya beberapa skandal yang menimpa pasar saham paling besar di dunia, New York Stock Exchange berdampak cukup signifikan terhadap perekonomian dan kepercayaan investor yaitu adanya ketidakjujuran di dalam laporan keuangan. Sebagai perusahaan publik yang listed di NYSE, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (perusahaan) harus mampu mempertanggungjawabkan segala aktivitas dan hasil usahanya kepada pemegang saham, kreditor dan masyarakat umum. Diberlakukannya Sarbanes-Oxley Act (SOA) mengharuskan perusahaan melakukan berbagai penyesuaian khususnya terhadap sistem pengendalian internal dan pelaporan kepada Securities and Exchange Commission (SEC). SOA juga mendorong peningkatan ketaatan pada peraturan perundangan di bidang pasar modal dan pelaksanaan GCG. Oleh karena itu, dalam menjalankan kegiatan operasional, jajaran pengelola perusahaan perlu dikawal oleh seperangkat konsep manajemen dan tim internal audit guna mendeteksi potensi-potensi yang berakibat pada penyimpangan. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu suatu metode yang meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu system pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa dimasa sekarang dengan tujuan untuk memberi deskripsi, gambaran lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antar fenomena yang diselidiki., selanjutnya membuat analisa, mengambil kesimpulan dan memberikan saran-saran. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan penelitian lapangan (Field Research), yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, kuesioner, dokumen, serta penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu dengan mengumpulkan teori-teori yang berhubungan dengan penelitian. Dan juga melalui data sekunder dengan pencarian melalui internet. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Audit Internal telah dilaksanakan dengan memadai, hal ini terlihat dari hasil yang ditunjukkan sebesar 92,1% untuk variabel peranan Audit Internal, hasil sebesar 93,93% untuk variabel pelaksanaan SOA 404 dan Audit Internal berperan dalam menunjang efektivitas pelaksanaan SOA 404 ditunjukkan dengan hasil 93,21%. Dengan demikian dapat disimpulkan Audit Internal PT.Telkom berjalan sangat baik, pelaksanaan SOA 404 di lingkungan perusahaan berjalan cukup baik serta Audit Internal cukup berperan dalam menunjang efektivitas pelaksanaan SOA 404.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5223
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.74Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.48Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.53Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 36.83Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.57Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.12Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.89Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.69Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 67.32Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 219.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 143.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 173.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.74Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.23Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record