PENGARUH BALANCED SCORECARD PADA PERSPEKTIF PROSES BISNIS INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA MANAJEMEN (Studi kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.)

Widyatama Repository

PENGARUH BALANCED SCORECARD PADA PERSPEKTIF PROSES BISNIS INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA MANAJEMEN (Studi kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.)

Show full item record

Title: PENGARUH BALANCED SCORECARD PADA PERSPEKTIF PROSES BISNIS INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA MANAJEMEN (Studi kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.)
Author: Aditya, Dionysius
Abstract: Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penerapan Balanced Scorecard sebagai alat untuk mengukur kinerja dengan efektivitas kinerja manajemen. Penelitian ini dilaksanakan pada KANDATEL PT. TELKOM Tbk. Bandung. Balanced Scorecard adalah suatu sistem pengukuran kinerja yang meliputi aspek keuangan dan nonkeuangan dan tentunya untuk menerjemahkan misi dan strategi perusahaan ke dalam seperangkat menyeluruh yang memberi kerangka kerja bagi pengukuran dan juga sistem manajemen strategis. Selain tetap memberi penekanan pada pencapaian tujuan finansial, juga memuat faktor pendorong kinerja tercapainya tujuan finansial tersebut, yang pengukuran kinerjanya pada empat perspektif yang seimbang, yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal, dan proses pembelajaran serta pertumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis kasus. Pengumpulan data dan informasi dilaksanakan dengan studi lapangan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh Balanced Scorecard pada perspektif proses bisnis internal terhadap efektivitas kinerja manajemen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil yaitu t hitung lebih kecil dibandingkan t tabel (1.719 > 3.182). Maka dapat dijelaskan bahwa penerapan Balanced Scorecard pada perspektif proses bisnis internal terhadap efektivitas kinerja manajemen tidah berpengaruh secara signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan Balanced Scorecard pada perspektif proses bisnis internal belum cukup berpengaruh terhadap efektivitas kinerja manajemen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5222
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 24.32Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.32Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 48.32Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 77.85Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 126.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 164.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.38Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.69Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record