FUNGSI AUDIT INTERNAL MENILAI EFEKTIVITAS DIVISI PENJUALAN (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Magetan)

Widyatama Repository

FUNGSI AUDIT INTERNAL MENILAI EFEKTIVITAS DIVISI PENJUALAN (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Magetan)

Show full item record

Title: FUNGSI AUDIT INTERNAL MENILAI EFEKTIVITAS DIVISI PENJUALAN (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Magetan)
Author: Daniel, Delvi Fitriah
Abstract: Aktivitas penjualan memegang peranan penting karena dari aktivitas inilah akan terbentuk pendapatan yang akan digunakan dalam melaksanakan rencana yang akan ditetapkan. Oleh karena itu, aktivitas penjualan perlu dikendalikan agar hasil yang diharapkan dapat mencapai target yang telah ditentukan. Akhirnya diperlukan suatu bagian di dalam perusahaan untuk melaksanakan audit internal. Dalam kedudukan yang terpisah dari kegiatan aktivitas operasional, audit internal dapat memenuhi semua aktivitas dalam perusahaan. Selain itu, audit internal memberi bantuan dalam pemberian informasi yang benar dan objektif menyangkut keakuratan data penjualan yang dijadikan dasar pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini, dilakukan penelitian mengenai audit internal pada sebuah perusahaan jasa pelayanan air minum, yaitu PDAM Kabupaten Magetan dengan membahas bagaimana fungsi audit internal dalam menilai efektifitas divisi penjualan. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, menyebarkan kuesioner dan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel, yaitu kememadaian fungsi Audit Internal sebagai variabel bebas dan efektivitas divisi penjualan sebagai variabel tidak bebas. Metode analisis yang digunakan ialah koefisien korelasi spearman. Hipotesis penelitian akan diuji dengan mengunakan uji – t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan telah didapat hasil rs sebesar 0,7274 yang berarti adanya hubungan yang cukup kuat antara kedua variabel, sedangkan melalui perhitungan koefisien determinasi (kd) di dapat hasil sebesar 52,85% yang berarti bahwa penilaian efetivitas divisi dipengaruhi oleh fungsi Audit Internal yang memadai sekitar 52,85% sedangkan sisanya dipengaruhi factor lainnya. Serta di dukung pula oleh pengujian hipotesis, dimana t hitung > t tabel (5,539 > 1,753). Dengan demikian hasil uji hipotesis dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat fungsi Audit Internal dalam menilai efektivitas divisi penjualan, dimana keberhasilan-keberhasilan fungsi Audit Internal dapat meningkatkan efektivitas divisi penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5221
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 51.24Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 34.09Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.18Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 39.13Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 68.83Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 30.84Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.13Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.38Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 150.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 300.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 364.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.053Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 123.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record