PERANAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi Kasus pada PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi Kasus pada PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi Kasus pada PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero)
Author: Afrilia, Alevina
Abstract: Kas adalah perkiraan yang paling penting dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan, karena kas terikat langsung dengan berbagai transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Untuk menjaga kelangsungan usaha perusahaan, maka diperlukan suatu manajemen yang dapat bekerja secara efektif dan efisien, agar terjaga keseimbangan posisi kas perusahaan. Penulis melakukan penelitian pada PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero) yang bergerak di bidang agroindustri. Penulis melakukan penelitian pada PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero) karena perusahaan ini memenuhi syarat untuk dilakukan penelitian serta dapat menyediakan data-data yang dibutuhkan. Adapun penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui efektivitas anggaran kas yang disusun oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero) dalam mengendalikan kas. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peran anggaran kas sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas pengendalian kas pada PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero). Dalam penelitian ini dinyatakan dua variabel. Pertama, variabel kememadai anggaran kas. Kedua, variabel efektivitas pengendalian kas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dan melalui penyebaran kuesioner. Selain itu penulis juga melakukan penelitian kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan dilakukan pembuktian hipotesis untuk membantu penulis menarik suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero), penulis menemukan bahwa indikator yang telah diajukan terdapat di dalam perusahaan, yaitu anggaran kas yang telah disusun secara memadai, pengendalian kas yang dilakukan telah memadai, dan terpenuhinya tujuan pengendalian kas. Kemudian berdasarkan hasil pengujian statistik, yaitu dengan menggunakan koefisien korelasi Pearson Product Moment diperoleh hasil bahwa anggaran kas berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian kas. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji statistik korelasi Pearson Product Moment yaitu sebesar 0,64 yang dapat diinterpretasikan mempunyai pengaruh yang sangat kuat. Sedangkan peranan anggaran kas berperan sebesar 40,96% dalam menunjang efektivitas pengendalian kas dan sisanya sebesar 59,04% ditunjang oleh hal lain.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa anggaran yang disusun dan diterapkan secara memadai, berperan sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas pengendalian kas PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5219
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.08Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.66Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.09Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.43Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.09Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 33.19Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.41Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.65Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 124.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 142.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 187.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.75Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.81Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record