PENGARUH TINGKAT NON PERFORMING LOAN TERHADAP TINGKAT RETURN ON ASSETS BANK (Survei pada Bank Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH TINGKAT NON PERFORMING LOAN TERHADAP TINGKAT RETURN ON ASSETS BANK (Survei pada Bank Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH TINGKAT NON PERFORMING LOAN TERHADAP TINGKAT RETURN ON ASSETS BANK (Survei pada Bank Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Permanawati, Fanny
Abstract: Setelah krisis ekonomi dan moneter yang melanda Indonesia yang dimulai pada tahun 1997. Pemerintah terpaksa mengetuk pintu IMF (International Monetery Found) dan meminta bantuan keuangan yang disertai dengan program pemulihan di sektor perbankan yang diikuti dengan penutupan beberapa bank nasional serta pengalihan secara besar-besaran kredit bermasalah dari bank-bank ke Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) yang pendiriannya di rekomendasikan oleh IMF yang khusus untuk merehabilitasi bank-bank yang sakit. Bagi industri perbankan yang umumnya mengandalkan hampir sebagian besar bisnisnya dari perkreditan, maka sangat pasti baik buruknya kualitas kredit menjadi penentu sehat tidaknya sebuah bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari Non Performing Loan (NPL) terhadap tingkat Return on Assets (ROA) Bank. Dalam perhitungan analisis, tingkat Non Performing Loan (NPL) merupakan variabel independen (X), sedangkan tingkat Return on Assets (ROA) merupakan variabel dependen (Y). Penelitian ini berjudul “Pengaruh Tingkat Non Performing Loan Terhadap Tingkat Return on Assets Bank”. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian populasi atau survey. Bank-bank yang menjadi target penelitian ini adalah dua belas bank yang merupakan bank Devisa dari 28 bank yang mempublikasikan laporan keuangan di internet (www.jsx.co.id) dan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan adalah Rasio NPL dan Rasio ROA dari laporan keuangan tahunan per tanggal 31 Desember 2008 dan 2007. Untuk memperkuat hasil analisis, penelitian ini menggunakan statistik Regresi linier sederhana . Hasil penelitian NPL hanya berpengaruh sebesar 59,30% terhadap tingkat ROA, sisanya sebesar 40,70% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya seperti pendapatan bank yang berasal dari kegiatan-kegiatan seperti giro (demand deposit), deposito berjangka (time deposit), dan tabungan (saving deposit) serta jasa perbankan lainnya seperti : biaya transfer, biaya kerjasama pengambilan dana tunai dari mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), pembayaran telepon, pembayaran listrik, pembayaran kartu kredit atau lebih dikenal dengan payment point, sms banking, call money, tempat penitipan/penyimpanan surat-surat atau barang-barang berharga (deposit box) dan lainnya. Rendahnya rentabilitas dalam rasio ROA disebabkan karena dana yang berhasil dihimpun cukup besar namun bank belum mampu melakukan penyaluran dana tersebut secara optimal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5215
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 130.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 85.18Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 81.16Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 92.12Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 93.82Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 77.18Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 76.48Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 73.93Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 149.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 286.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 188.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 249.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 96.24Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 85.24Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record