ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BENTUK PERSENTASE PER KOMPONEN UNTUK MEMBANDINGKAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Survei dilakukan pada 3 perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi yang terdaftar di BEJ)

Widyatama Repository

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BENTUK PERSENTASE PER KOMPONEN UNTUK MEMBANDINGKAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Survei dilakukan pada 3 perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi yang terdaftar di BEJ)

Show full item record

Title: ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BENTUK PERSENTASE PER KOMPONEN UNTUK MEMBANDINGKAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Survei dilakukan pada 3 perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi yang terdaftar di BEJ)
Author: Arbayuwasa
Abstract: Laporan keuangan merupakan informasi yang dapat membantu para investor dan para pelaku pasar modal lainnya dalam mengidentifikasi keadaan suatu perusahaan. Salah satu alat analisis atas laporan keuangan adalah dengan menggunakan analisis common size financial statement (bentuk persentase per komponen). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan analisis bentuk persentase per komponen dalam membandingkan kinerja suatu perusahaan dengan perusahaan sejenis lainnya dari tahun ke tahun agar dapat diketahui kelebihan dan kekurangan pada masing-masing perusahaan, penyebab-penyebab penyimpangan, dan kemudian dapat dicari solusi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas perusahaan. Berdasarkan uraian diatas penulis menyusun skripsi ini dengan judul “Analisis Laporan Keuangan Bentuk Persentase Per Komponen Untuk Membandingkan Kinerja Keuangan Perusahaan”. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan selama kurun waktu 3 (tiga) tahun dari tahun 2003 sampai tahun 2005. Laporan keuangan tersebut adalah milik perusahaan-perusahaan industri pertambangan minyak dan gas bumi yang secara sah terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ), dimana sampai saat ini terdapat 3 (tiga) perusahaan industri pertambangan minyak dan gas bumi yang terdaftar sebagai emiten di BEJ yaitu PT. Apexindo Pratama Duta, PT. Energi Mega Persada, dan PT. Medco Energi Internasional. Metode pelaksanaan analisis yang digunakan adalah bentuk persentase per komponen dimana nilai-nilai setiap rekening yang berada dalam laporan keuangan disederhanakan ke dalam bentuk persentase dari total keseluruhan sehingga lebih mudah untuk dilakukan suatu analisis. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan kemampuan atau kinerja perusahaan setelah dilihat dari perubahan-perubahan yang terjadi pada akun-akun (masing-masing rekening) laporan keuangan perusahaan terkait. Dari perbandingan yang dilakukan, ditarik suatu kesimpulan bahwa terdapat perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi yang memiliki kinerja yang terbaik dan lebih stabil dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Secara keseluruhan dapat disimpulkan selama jangka waktu 3 (tiga) tahun kinerja industri pertambangan minyak dan gas bumi mengalami pemulihan setelah sebelumnya sempat mengalami krisis yang diakibatkan pada kesalahan perusahaan dalam mengkomposisikan kas yang dimiliki oleh perusahaan serta kelalaian perusahaan dalam melakukan kegiatan investasi. Dari analisis yang telah dilakukan, maka didapatkan suatu kesimpulan bahwa kinerja terbaik dimiliki oleh PT. Medco Energi Internasional, diikuti oleh PT. Energi Mega Persada, dan kinerja terendah berada pada laporan keuangan PT. Apexindo Pratama Duta. Dari hasil penelitian diharapkan dapat pula membantu para investor dalam membandingkan perusahaan lain dari jenis industri yang lebih beragam.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5210
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.22Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 30.83Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.76Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 44.17Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 46.66Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 39.78Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 25.05Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 56.80Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 166.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 64.41Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 537.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.50Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.59Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record