PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASI ( Studi Kasus pada PT. Bank Bukopin, Tbk. Cabang Utama Bandung )

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASI ( Studi Kasus pada PT. Bank Bukopin, Tbk. Cabang Utama Bandung )

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASI ( Studi Kasus pada PT. Bank Bukopin, Tbk. Cabang Utama Bandung )
Author: Kusumah, Prima Galih
Abstract: Dengan semakin maju dan berkembangnya suatu perusahaan akan diikuti semakin kompleksnya aktivitas serta permasalahan yang dihadapi perusahaan. Sehingga manajemen akan menghadapi kesulitan dengan mengendalikan secara langsung ditambah dengan adanya tuntutan efisiensi, efektifitas, dan ekonomisasi dari penggunaan berbagai sumber daya yang tersedia. Hal ini menuntut manajemen untuk melakukan aktivitas operasional perusahaan secara efektif dan efisien untuk mendukung tercapainya sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan biaya operasi merupakan konsekuensi logis dari aktivitas perusahaan yang mempunyai kecenderungan untuk selalu meningkat seiring dengan perkembangan perusahaan. Peningkatan biaya operasi ini perlu diikuti dengan penetapan standard dan prosedur yang harus selalu diawasi dan dikendalikan dengan baik, agar biaya yang dikeluarkan benar-benar merupakan biaya yang seharusnya dikeluarkan oleh perusahaan, sehingga pada akhirnya akan diperoleh biaya operasi yang efektif dan efisien dalam pelaksanaan aktivitas operasi perusahaan. Dalam suatu perusahaan diperlukan suatu bagian yang bersifat independen untuk melaksanakan audit operasional, karena audit operasional dapat menilai semua aktivitas perusahaan tanpa ada tekanan, ini dapat dilihat dari adanya kedudukan Auditor Internal yang tidak terlibat langsung dalam aktivitas operasional. Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk mengambil judul : Peranan audit operasional dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya operasi . Penulis melakukan penelitian pada PT. Bank Bukopin, Tbk. Cabang Utama Bandung, suatu perusahaan yang bergerak di sektor perbankan. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan penelitian melalui studi kasus, yaitu suatu kasus penelitian dilakukan pada suatu objek penelitian. Dalam mengumpulkan data penulis lakukan dengan cara wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan audit operasional berperan dalam efektivitas pengendalian biaya operasi pada PT. Bank Bukopin, Tbk. Cabang Utama Bandung. Hipotesis yang diajukan adalah: apabila peranan audit operasional atas pengendalian biaya operasi yang memadai akan berperan besar dalam meningkatkan efektifitas pengendalian biaya operasi . Dari hasil penelitian menunjukkan korelasi sebesar 0.904, artinya terdapat hubungan yang cukup kuat antara peranan audit operasional dan efektivitas pengendalian biaya operasi. Kontribusi yang diberikan oleh audit operasional dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya operasi sebesar 81,72%, sedangkan sisanya sebesar 18,28% dipengaruhi faktor lain. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa audit operasional berperan dalam menunjang efektifitas pengendalian biaya operasi dan hipotesis yang diajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5206
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 29.74Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.64Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 75.59Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 216.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 239.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 339.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 54.16Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.29Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record