PENGARUH NILAI KOMPONEN-KOMPONEN ARUS KAS DAN PELUANG INVESTASI TERHADAP PEMBAGIAN DIVIDEN TUNAI (Survei pada Industri Rokok yang Go Public di Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

PENGARUH NILAI KOMPONEN-KOMPONEN ARUS KAS DAN PELUANG INVESTASI TERHADAP PEMBAGIAN DIVIDEN TUNAI (Survei pada Industri Rokok yang Go Public di Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: PENGARUH NILAI KOMPONEN-KOMPONEN ARUS KAS DAN PELUANG INVESTASI TERHADAP PEMBAGIAN DIVIDEN TUNAI (Survei pada Industri Rokok yang Go Public di Bursa Efek Jakarta)
Author: Husay, Olivia
Abstract: Laporan arus kas merupakan bagian integral dari laporan keuangan perusahaan yang memiliki nilai informasi yang sangat berguna bagi para pemakai laporan keuangan. Para pemegang sahamnya selalu ingin mendapatkan keuntungan yang nyata dari hasil investasinya pada perusahaan. Keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan dalam bentuk dividen tunai. Kemampuan perusahaan dalam memenuhi tingkat dividen tunai yang memaksimalkan kekayaan para pemegang saham harus didukung dengan kondisi akan besarnya nilai arus kas yang berasal dari aktivitas-aktivitas perusahaan yaitu aktivitas operasi, aktivitas investasi, aktivitas pendanaan. Dengan memperhitungkan peluang investasi yang akan terjadi untuk tahun berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari nilai komponen-komponen arus kas operasi, arus kas investasi, arus kas pendanaan dan peluang investasi terhadap pembagian dividen tunai. Pada fase pertumbuhan, biasanya perusahaan memiliki dua pilihan yaitu memperluas usahanya atau membayarkan dividen tunai kepada pemegang saham. Oleh karena itu, diduga terdapat pengaruh yang signifikan antara arus kas aktivitas operasi, arus kas aktivitas investasi, arus kas aktivitas pendanaan dan peluang investasi terhadap pembagian dividen tunai. Data-data yang dipergunakan diperoleh dari laporan keuangan, khususnya laporan arus kas dan neraca pada periode 2002- 2004. Operasionalisasi variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu arus kas dari aktivitas operasi, aktivitas investasi, aktivitas pendanaan dan peluang investasi. Sedangkan variabel tidak bebasnya yaitu pembagian dividen tunai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kausal dan denagn teknik pengambilan sampel purposive sampling. Berdasarkan kriteria tertentu, yaitu perusahaan Industri rokok yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan membagikan dividen tunai pada periode 2003-2005. Analisis statistik yang digunakan adalah regresi berganda dan pada perhitungannya digunakan SPSS ver 13.0. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F statistic dan uji t statistik pada taraf nyata 5%. Hasil pengujian hipotesis bersama-sama menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antar variabel bebas dan variabel tidak bebas, terbukti dengan nilai koefisien korelasi yang positif dan signifikan. Sedangkan uji hipotesis parsial menghasilkan koefisien yang bernilai positif untuk aktivitas operasi dan peluang invesatsi. Sedangkan untuk variabel arus kas invesatsi dan arus kas pendanaan kofisiennnya bernilai negatif dan tidak terlalu signifikan. Selain itu untuk peluang investasi tidak berpengaruh negatif terhadap pembagian dividen tunai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5205
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.965Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.89Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.13Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.09Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.91Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.04Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.34Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.50Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 58.37Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 81.21Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 81.39Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 79.01Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.06Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.63Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record