PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL (Studi Survey pada Lima BUMN/BUMD di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL (Studi Survey pada Lima BUMN/BUMD di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL (Studi Survey pada Lima BUMN/BUMD di Bandung)
Author: Nurhayati, Ela
Abstract: Era globalisasi akan mempertajamkan persaingan-persaingan diantara perusahaan sehingga perlu pemikiran yang makin kritis atas pemanfaatan secara optimal penggunaan sumber daya dan sumber dana yang ada. Untuk itu perusahaan-perusahaan tersebut dituntut untuk lebih profesional dalam menjalankan usahanya sehingga dapat bersaing demi tetap bertahan di dalam situasi ini. Kemampuan perusahaan untuk bisa menghadapi persaingan yang muncul sehingga mampu bertahan di dunia usaha tidak lepas dari peran berbagai fungsi yang ada di dalam perusahaan. Salah satu fungsi yang dijalankan adalah fungsi pengawasan dan pemeriksaan internal. Dengan adanya tuntutan beroperasi dengan efisien, maka fungsi pengawasan dan pemeriksaan internal dalam perusahaan tersebut haruslah profesional dan memiliki kinerja yang baik. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini membahas mengenai pengaruh profesionalisme auditor internal terhadap kinerja auditor internal. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier sederhana yang didasarkan pada hubungan fungsional ataupun kausal satu variabel independen dengan satu variabel dependen. Penelitian penulis dengan menggunakan pendekatan studi survey pada lima BUMN yang ada di Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa auditor internal pada lima BUMN yang ada di Bandung memiliki sikap profesionalisme yang tinggi. Dari Hasil perhitungan statistik diperoleh persamaan regresi sebesar Y=2.238+0.452X yang berarti adanya hubungan yang kuat antara profesionalisme auditor internal dan kinerja auditor internal. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat t hitung sebesar 2.846 lebih besar dari t tabel sebesar 2,060 dan dilihat dari tabel ANOVA dihasilkan F hitung (8.100) > F tabel 2.62 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima., maka hipotesis yang diajukan penulis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5201
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 111.8Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 119.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 124.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 208.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 125.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 149.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 258.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 244.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 708.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 115.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 118.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record