PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERSEDIAAN BARANG JADI (Studi Kasus pada Black ID Clothing)

Widyatama Repository

PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERSEDIAAN BARANG JADI (Studi Kasus pada Black ID Clothing)

Show full item record

Title: PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERSEDIAAN BARANG JADI (Studi Kasus pada Black ID Clothing)
Author: Puspita P., Deasy
Abstract: Dengan berkembangnya perusahaan, maka pimpinan perusahaan tidak mungkin lagi mengendalikan perusahaannya sendiri. Pimpinan perusahaan memerlukan adanya pendelegasian wewenang dan tanggung jawab serta adanya suatu pengendalian internal yang baik dalam struktur organisasi perusahaan. Pada sebagian besar perusahaan, persediaan merupakan unsure aktiva lancer yang terbesar dalam neraca. Persediaan juga merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam menunjang kelancaran aktivitas produksi, oleh karenanya persediaan harus dapat dikelola dengan baik. Persediaan yang efektif meliputi pengelolaan persediaan untuk merencanakan dan mengendalikan persediaan. Perencanaan dan pengendalian persediaan mengharuskan adanya suatu rencana yang terkoordinasi dengan baik dan dimengerti oleh semua bagian. Pengendalian internal persediaan berfungsi sebagai alat pengawas dalam pengelolaan persediaan barang jadi Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian internal persediaan pada perusahaan Black ID dan untuk mengetahui berapa besar peranan pengendalian internal persediaan dalam menunjang efektivitas pengelolaan persediaan barang jadi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan teknik mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisa data yang diperoleh. Selain itu juga dilakukan penelitian langsung dilapangan dengan melakukan wawancara dan penyebaran kuesioner. Dari semua hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan pengendalian internal persediaan berperan terhadap efektivitas pengelolaan persediaan barang jadi, hal ini sesuai dengan perhitungan analisis data kuesioner sebesar 80%, dengan demikian hipotesis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5199
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.64Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.76Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 71.01Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 183.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 85.31Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 172.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 54.72Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.43Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record