PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMASARAN ( Studi Kasus pada PT. Inti (Persero) Bandung )

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMASARAN ( Studi Kasus pada PT. Inti (Persero) Bandung )

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMASARAN ( Studi Kasus pada PT. Inti (Persero) Bandung )
Author: Nainggolan, Joseph Tumpal
Abstract: Pemasaran dan penjualan merupakan dua buah sisi dari satu keping mata uang. Satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan. Untuk menjual, seseorang mesti memasarkan hasil produksinya. Dan sebaliknya, tak perlu dilakukan pemasaran bilamana tidak ada produksi yang dihasilkan. Pemasaran banyak dikatakan sebagai kepala ular dari organisasi. Pemasaran adalah titik kritis yang paling banyak menentukan hidup matinya perusahaan. Pemasaran yang berhasil dapat menjadi pendorong yang kuat tercapainya tujuan perusahaan. Dan pemasaran yang lumpuh sedikit demi sedikit akan mengikis sumber daya organisasi sebelum akhirnya melenyapkannya sama sekali, seperti diketahui aktivitas pemasaran memegang peranan penting karena dari aktivitas inilah akan terbentuk pendapatan, oleh karena itu aktivitas pemasaran perlu dikendalikan. Dalam suatu perusahaan diperlukan suatu bagian yang bersifat independen untuk melaksanakan audit operasional, karena audit operasional dapat menilai semua aktivitas perusahaan tanpa ada tekanan, ini dapat dilihat dari adanya kedudukan Auditor Internal yang tidak terlibat langsung dalam aktivitas operasional. Audit operasional juga memberikan bantuan dalam memberikan informasi yang benar dan objektif menyangkut keakuratan data yang akan dijadikan dasar pengambilan keputusan. Bertolak dari uraian di atas, penulis tertarik untuk mengambil judul : “Peranan audit operasional dalam menunjang efektivitas kegiatan pemasaran”. Penulis melakukan penelitian pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) Bandung yang kemudian lebih dikenal dengan PT. Inti (Persero), suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri dan perakitan barang-barang elektronika serta pelayanan jasa telekomunikasi. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan penelitian melalui studi kasus, yaitu suatu kasus penelitian dilakukan pada suatu objek penelitian. Dalam mengumpulkan data penulis lakukan dengan cara wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan audit operasional berperan dalam efektivitas kegiatan pemasaran pada PT. Inti (Persero) Bandung. Hipotesis yang diajukan adalah: “ apabila peranan audit operasional atas kegiatan pemasaran yang memadai akan berperan besar dalam meningkatkan efisiensi pemasaran”. Dari hasil penelitian menunjukkan korelasi sebesar 0.875, artinya terdapat hubungan yang cukup kuat antara peranan audit operasional dan efektivitas kegiatan pemasaran. Kontribusi yang diberikan oleh audit operasional dalam menunjang efektivitas kegiatan pemasaran sebesar 76,56%, sedangkan sisanya sebesar 23,44% dipengaruhi faktor lain. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa audit operasional berperan dalam menunjang efektifitas kegiatan pemasaran dan hipotesis yang diajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5192
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 101.9Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 106.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 73.59Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 138.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 140.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 170.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 222.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 217.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 337.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 140.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 106.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record