TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PENGHITUNGAN, PEMOTONGAN, PENYETORAN DAN PELAPORAN PPh PASAL 21 BAGI KARYAWAN TETAP PADA PT. KERETA API (PERSERO)

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PENGHITUNGAN, PEMOTONGAN, PENYETORAN DAN PELAPORAN PPh PASAL 21 BAGI KARYAWAN TETAP PADA PT. KERETA API (PERSERO)

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PENGHITUNGAN, PEMOTONGAN, PENYETORAN DAN PELAPORAN PPh PASAL 21 BAGI KARYAWAN TETAP PADA PT. KERETA API (PERSERO)
Author: Hermawan, Dadan
Abstract: Dadan Hermawan, Maret 2007, “Tinjauan Atas Pelaksanaan Penghitungan, Pemotongan, Penyetoran, dan Pelaporan PPh Pasal 21 Bagi Karyawan Tetap Pada PT.Kereta Api (Persero)”.Laporan Tugas Akhir, Program Diploma III Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Widyatama dibawah bimbingan Ibu Evi Octavia, S.E.,M.M.,Ak. Penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan perhitungan, pemotongan, penyetoran, dan pelaporan PPh Pasal 21 atas pegawai tetap PT.Kereta Api (Persero) Bandung yang beralamat di Jl.Perintis Kemerdekaan No.1 Bandung, metode penelitian yang penulis lakukan adalah metode deskriptif analis. Pajak Penghasilan merupakan pajak yang dikenakan atas penghasilan Orang Pribadi Dalam Negeri yang berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama apapun sehubungan dengan pekerjaan, jasa, dan kegiatan seperti yang dimaksud dalam Undang-undang Pajak Penghasilan. Berdasarkan Pasal 21 ayat 1 Undang-undang Pajak Penghasilan, pihak yang wajib melakukan pemotongan PPh Pasal 21 adalah Pemberi Kerja, yaitu PT.Kereta Api (Persero), selain memotong PPh Pasal 21 PT.Kereta Api (Persero) juga berkewajiban menyetorkan PPh Pasal 21 yang telah dipotong tersebut ke bank persepsi (Bank BNI) dengan menggunakan SSP (Surat Setoran Pajak) untuk setiap bulannya, hasil dari penyetoran tersebut kemudian harus dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Cibeunying Bandung, dimana PT.Kereta Api (Persero) terdaftar. Dari hasil penelitian dan pengumpulan data dilakukan oleh penulis, diperoleh simpulan bahwa dalam melakukan penghitungan, pemotongan, penyetoran, dan pelaporan PPh Psal 21 atas penghasilan bulanan pegawai tetap PT.Kereta Api (Persero) telah sesuai dengan peraturan Undang-undang Perpajakan yang berlaku dan pelaksanaannya tidak mengalami hambatan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5182
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.63Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.00Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.70Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 26.43Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.43Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.61Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.07Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 35.07Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 82.67Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 51.63Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 37.55Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.02Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.21Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record