TINJAUAN ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT UNTUK DISTRIBUTOR LUAR PULAU PADA PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY, Tbk.

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT UNTUK DISTRIBUTOR LUAR PULAU PADA PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY, Tbk.

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT UNTUK DISTRIBUTOR LUAR PULAU PADA PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY, Tbk.
Author: Rini, Adistyo
Abstract: Salah satu klasifikasi dari penjualan yaitu penjualan secara kredit. Jika aktivitas ini tidak dikelola dengan baik maka akan dapat menimbulkan risiko kerugian karena adanya piutang tak tertagih akibat dari penjualan secara kredit. Untuk menghindarinya, perusahaan membutuhkan sistem informasi akuntansi penjualan kredit yang merupakan kombinasi dari komponen-komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama dalam mengelola kegiatan penjualan kredit serta bertanggung jawab menyediakan informasi keuangan yang berguna, baik bagi pihak intern maupun ekstern perusahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis melakukan kerja praktik dan menyusun laporan tugas akhir ini dengan judul: “Tinjauan Atas Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit untuk Distributor Luar Pulau pada PT Ultrajaya Milk Industry, Tbk”. Masalah yang akan diidentifikasikan dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini yaitu pelaksanaan sistem informasi akuntansi penjualan kredit untuk distributor luar pulau dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Adapun yang menjadi objek Laporan Tugas Akhir ini adalah Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit untuk Distributor Luar Pulau pada PT Ultrajaya Milk Industry, Tbk yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman, khususnya di bidang industri minuman yang diproses dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan dikemas dalam kemasan karton aseptik (aseptik packaging material). Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif yaitu metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menyajikan data yang disertai oleh analisis atas data yang diperoleh, guna memberikan gambaran yang sistematis, faktual, dan akurat mengenai objek yang diteliti. Berdasarkan analisis penulis, dapat disimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan sistem informasi akuntansi penjualan kredit untuk distributor luar pulau pada PT Ultrajaya Milk Industry, Tbk sudah cukup baik dan memadai serta mengandung prinsip-prinsip dasar pengendalian internal. Selain itu, kendalakendala yang terjadi di dalam pelaksanaannya masih dapat ditangani dengan baik. Namun, kendala-kendala tersebut harus ditindak lanjuti segera agar kemungkinan terjadinya hal-hal yang kurang menguntungkan bagi Perseroan dapat dihindari.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5179
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.273Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.07Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.00Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.40Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.51Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.79Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.67Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.76Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 31.38Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 126.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 48.76Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 66.47Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.15Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.80Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record