TINJAUAN ATAS ANALISIS RASIO LIKUIDITAS (MODAL KERJA), SOLVABILITAS (LEVERAGE), AKTIVITAS, DAN RENTABILITAS (PROFITABILITAS) PADA LAPORAN KEUANGAN PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII (Persero)

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS ANALISIS RASIO LIKUIDITAS (MODAL KERJA), SOLVABILITAS (LEVERAGE), AKTIVITAS, DAN RENTABILITAS (PROFITABILITAS) PADA LAPORAN KEUANGAN PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII (Persero)

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS ANALISIS RASIO LIKUIDITAS (MODAL KERJA), SOLVABILITAS (LEVERAGE), AKTIVITAS, DAN RENTABILITAS (PROFITABILITAS) PADA LAPORAN KEUANGAN PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII (Persero)
Author: Yuniarti, Maria
Abstract: Semakin dekatnya perdagangan bebas yang dimulai, dipastikan akan semakin memperketat persaingan di dalam dunia usaha. Dengan kondisi Indonesia yang tidak stabil saat ini, mengakibatkan banyaknya perusahaan mengurangi aktivitasnya bahkan menghentikannya. Laporan keuangan yang disusun suatu perusahaan dapat berfungsi sebagai alat ukur untuk menentukan atau menilai posisi keuangan suatu perusahaan yang dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Posisi keuangan perusahaan dapat dipengaruhi oleh sumber daya yang dikendalikan, struktur keuangan, serta kemampuan suatu perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Salah satu langkah yang diambil perusahaan untuk mengetahui kondisi keuangannya, maka dilakukan analisis terhadap laporan keuangan. Untuk mengetahui posisi tertentu dalam neraca atau laporan laba-rugi secara individu atau kombinasi digunakan alat untuk menganalisisnya yaitu diantaranya rasio likuiditas (modal kerja), rasio solvabilitas (leverage), rasio aktivitas, dan rasio rentabilitas (profitabilitas). Rasio Likuiditas atau Rasio Modal Kerja yaitu rasio yang digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasikan posisi keuangan jangka pendek, tetapi juga sangat membantu bagi manajemen untuk mengecek efisiensi modal kerja yang digunakan oleh perusahaan, juga penting bagi kreditor jangka panjang dan pemegang saham yang ingin mengetahui prospek dari dividend dan pembayaran bunga di masa yang akan datang. Rasio Solvabilitas (Leverage) adalah kemampuan suatu perusahaan untuk membayar semua hutangnya baik hutang jangka pendek maupun jangka panjang apabila perusahaan tersebut dilikuidasi. Rasio Aktivitas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur sampai seberapa besar efektivitas perusahaan dalam mengerjakan sumber-sumber dananya. Rasio Rentabilitas (Profitabilitas) adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba dengan segala aktivitas yang dimilikinya. PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero) memiliki rasio likuiditas (modal kerja), rasio solvabilitas (leverage), rasio aktivitas, dan rasio rentabilitas (profitabilitas) yang cukup baik dimana setiap tahunnya perusahaan mengalami kenaikan persentase laba sehingga perusahaan dapat dikatakan likuid dan solvabel.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5163
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.799Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.26Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.90Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.92Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.29Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.09Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 34.99Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 91.02Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 64.21Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 131.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.10Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.88Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record