TINJAUAN ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN IKLAN PADA PT. PIKIRAN RAKYAT BANDUNG

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN IKLAN PADA PT. PIKIRAN RAKYAT BANDUNG

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN IKLAN PADA PT. PIKIRAN RAKYAT BANDUNG
Author: Apriyanti, Anti
Abstract: Untuk memungkinkan manajemen memantau efektivitas konsumsi sumber daya alam berbagai aktivitas yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa perusahaan memerlukan informasi yang sifatnya terkontrol yang mampu mencerminkan konsumsi sumber daya dalam berbagai aktivitasnya. Sistem informasi akuntansi mengatur cara kerja atau prosedur setiap bagian dalam perusahaan sehingga setiap bagian tersebut dapat bekerja sama dan saling mendukung dalam pencapaian tujuan perusahaan Dalam suatu perusahaan, aktivitas penjualan menjadi aktivitas yang utama, karena aktivitas penjualan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan, ini disebabkan aktivitas penjualan merupakan sumber pendapatan dimana hasil pendapatan itu akan digunakan sebagai sumber pembiayaan perusahaan. Penjualan iklan adalah salah satu bagian usaha dari perusahaan untuk mendapatkan pendapatan. Perusahaan yang bergerak di bidang media massa, baik media cetak maupun media elektronik melakukan sistem penjualan iklan selain untuk menyediakan wadah bagi produser memasarkan produknya maupun untuk mendapatkan laba, karena penjualan iklan adalah salah satu pendapatan terbesar bagi suatu media massa. Untuk memperoleh penjualan iklan yang efektif maka manajemen memerlukan suatu sistem informasi akuntansi yang memadai guna memproses berbagai data dan informasi sehingga menghasilkan informasi yang berkualitas. Maka dalam penyusunan tugas akhir ini penulis merasa tertarik untuk mengangkat masalah tersebut dalam laporan tugas akhir yang berjudul ”Tinjauan Atas Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Iklan Pada PT. Pikiran Rakyat Bandung.” Sistem informasi akuntansi penjualan didalamnya mengandung sistem dan prosedur yang diperlukan untuk mengelola penjualan tunai dan kredit, sehingga dapat menghasilkan informasi yang akurat dan efektif. Subjek yang dipilih penulis untuk penyusunan tugas akhir ini adalah PT. Pikiran Rakyat Bandung yang bergerak di bidang industri informasi yang kegiatan utamanya adalah penjualan koran harian umum. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi penjualan iklan pada PT. Pikiran Rakyat Bandung diselenggarakan dengan komputerisasi tetapi masih ada yang diselenggarakan dengan manual. Dalam pelaksanaan sistem informasi akuntansi penjualan iklan, sistem pencatatannya memadai dan berjalan sesuai transaksi yang telah dilakukan sehingga dapat mengurangi adanya kecurangan dalam transaksi pada PT. Pikiran Rakyat Bandung. Demikian pula sistem pelaporan yang dilaksanakan pun telah sesuai dengan apa yang diharapkan perusahaan yaitu tepat waktu sehingga dapat mencerminkan laporan yang memberikan informasi tentang menurun atau meningkatnya penjualan dalam perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5150
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 33.20Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.48Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.38Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.52Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.24Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.07Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 34.89Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 84.83Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 74.40Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 60.22Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.09Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.08Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record