TINJAUAN ATAS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI ALAT – ALAT KAPAL LAUT PADA DIVISI MESIN INDUSTRI DAN JASA DI PT PINDAD (Persero)

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI ALAT – ALAT KAPAL LAUT PADA DIVISI MESIN INDUSTRI DAN JASA DI PT PINDAD (Persero)

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI ALAT – ALAT KAPAL LAUT PADA DIVISI MESIN INDUSTRI DAN JASA DI PT PINDAD (Persero)
Author: Hendrawan, Muhammad
Abstract: Perusahaan yang berproduksi atas dasar pesanan memerlukan penanganan proses produksi yang lebih spesifik karena setiap pesanan yang deterima memiliki identitas yang berbeda daripada pesanan yang lain, sehingga manajemen membutuhkan informasi biaya produksi dari tiap –tiap pesanan secara individual. Perhitungan biaya produksi yang tepat dan teliti sangat diperlukan untuk menentukan harga pokok produksi. Informasi ini untuk membantu pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak suatu pesanan. Kerena itu perusahaan yang proses produksi nya berdasarkan pesanan menerapkan metode pengumpulan dan perhitungan biaya produksi adalah metode harga pokok pesanan ( Job Order Costing Methode ). PT.Pindad ( Persero ) Divisi Mesin Industri dan Jasa, merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang industri manufaktur, yang berlokasi di jalan Gatot Subroto Nomor 517 Bandung. Bertitik tolak dari uraian diatas, penulis mengangap perlu adanya suatu pengumpulan biaya, penentuan harga pokok produksi yang sesuai dengan karakteristik usaha perusahaan. Oleh karena itu maka penulis menyusun Laporan Tugas Akhir ini dengan mengambil judul “ Tinjauan Atas Perhitungan Harga Pokok Produksi Alat – Alat Kapal Laut Pada Divisi Mijas Di PT PINDAD (Persero)”. Dimana tujuan dari kerja praktik ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan perhitungan harga pokok produksi di PT PINDAD ( Persero). Metode yang digunakan penulis dalam penyusunan laporan tugas akhir ini adalah deskritif. Adapun pendekatan yang digunakan penulis adalah studi lapangan dan kepustakaan. Studi lapangan penulis lakukan dengan cara Observasi dan Wawancara dengan para karyawan yang memiliki tugas pokok masing – masing, yang memiliki hubungannya dengan apa yang sedang ditelusuri oleh penulis. Dari hasil kerja praktik, PT Pindad ( Persero ) Divisi Mesin Industri dan Jasa menghitung biaya produksinya dengan menggunakan metode Job Order Costing yang cukup baik. Cara pembebanan harga pokoknya perusahaan menggunakan harga pokok yang ditentukan dimuka yaitu dengan menggunakan metode Full Costing.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5136
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.04Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.95Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.06Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.06Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 24.97Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.35Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 34.91Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 62.43Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 64.91Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 66.61Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.47Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.35Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record