Peranan Audit Internal Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menunjang Penerapan Sistem Manajemen Kualitas (ISO 9001:2000) Pada Perusahaan Kemasan Air Minum (Studi Kasus Pada PT X Bandung)
No Thumbnail Available
Date
2006-03
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Mengingat keterbatasan seorang pemimpin dalam mengendalikan dan
mengawasi aktivitas perusahaan, menyebabkan manajemen harus mendelegasikan
sebagian wewenang kepada bawahannya. Oleh karena itu banyak kendala yang
timbul dalam penyampaian informasi kegiatan yang didelegasikan kepada
bawahan. Sehingga dibutuhkan suatu bagian yang sifatnya independent, yang
disebut sebagai audit internal perusahaan. Masalah pelayanan kepada konsumen
juga menjadi hal yang sangat penting saat ini, hal ini patut diperhatikan oleh
organisasi karena dengan pelayanan yang baik lah, konsumen dapat menjadi loyal
kepada parusahaan. Dan di setiap penerapan sistem manajemen kualitas selalu
dilakukan suatu proses audit internal, untuk menilai kesesuaian penerapan system
manajemen kualitas di perusahaan dengan standar yang berlaku.
Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba untuk melakukan
penelitian mengenai “Peranan Audit Internal dalam Menunjang Penerapan Sistem
Manajemen Kualitas (ISO9001:2000)”.
Perusahaan yang menjadi objek penelitian adalah perusahaan PT.”X”,
dengan menggunakan metode studi kasus dan pengumpulan datanya dilakukan
melalui penelitian lapangan yaitu observasi, wawancara dan kuisioner, serta
penelitian kepustakaan yaitu literature.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara umum dapat dikatakan
bahwa pelaksanaan audit internal telah memadai. Ini dibuktikan dengan adanya
kualifikasi, perencanaan, persiapan kertas kerja, penilaian dokumen, persiapan tim
audit, pelaksanaan audit, pengumpulan dan penilaian bukti, penanganan
pengamatan, serta adanya pelaporan dan tindak lanjut. Kemudian sistem
manajemen kualitas yang diterapkan oleh perusahaan juga telah sesuai dengan
standar internasionel yang berlaku yang didukung oleh kesesuaian di dalam sistem
manajemen kualitas, tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya,
realisasi produk dan juga pengukuran, analisis, dan peningkatan. Dan pada
akhirnya audit internal juga berperan dalam menunjang penerapan sistem
manajemen kualitas (ISO9001:2000) karena audit internal melakukan verifikasi,
evaluasi, dan rekomendasi terhadap pelaksanaan penerapan sistem manajemen
kualitas.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya audit internal
yang memadai akan membantu manajemen di dalam mencapai keberhasilan
penerapan sistem manajemen kualitas (ISO 9001:2000).
Description
Keywords
Audit Internal, Sistem Manajemen Kualitas, ISO 9001:2000