TINJAUAN ANALISIS BIAYA PRODUKSI, VOLUME PENJUALAN, DAN LABA PENJUALAN PADA CV BI-ENSI FESYENINDO

Widyatama Repository

TINJAUAN ANALISIS BIAYA PRODUKSI, VOLUME PENJUALAN, DAN LABA PENJUALAN PADA CV BI-ENSI FESYENINDO

Show full item record

Title: TINJAUAN ANALISIS BIAYA PRODUKSI, VOLUME PENJUALAN, DAN LABA PENJUALAN PADA CV BI-ENSI FESYENINDO
Author: Wulandari, Sri
Abstract: Keuntungan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia bisnis, keuntungan dapat dijadikan sebagai alat ukur keberhasilan suatu kegiatan bisnis. Keuntungan merupakan salah satu tujuan dari sebuah kegiatan bisnis, oleh karena itu perusahaan harus mampu meningkatkan pendapatannya agar dapat menghasilkan laba. Bagi perusahaan dagang yang kegiatan utamanya adalah membeli barang kemudian menjualnya lagi tanpa merubah bentuk asalnya, penjualan menjadi sangat penting. Dalam perusahaan dagang, penjualan merupakan pendapatan utama sehingga perusahaan perlu berkonsentrasi untuk mengatur penjualan agar penjualan yang terjadi dapat mencapai target yang diharapkan oleh perusahaan. Agar dapat mencapai penjualan yang diharapkan, perusahaan perlu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan terhadap kegiatan penjualan. Semua fungsi manajemen yang disebutkan diatas akan melibatkan sebuah pengambilan keputusan. Untuk mendukung setiap pengambilan keputusan, perusahaaan memerlukan informasi akuntansi. Informasi akuntansi tersebut dapat berupa informasi mengenai biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan setiap produk (harga pokok produk). Informasi harga pokok produk dapat dijadikan sebagai pertimbangan penentuan harga jual produk. Harga jual yang ditentukan oleh perusahaan akan mempengaruhi volume penjualan dan volume penjualan akan mempengaruhi laba yang akan diperoleh perusahaan. Melihat dari uraian diatas penulis sangat tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai hubungan antara biaya, volume penjualan serta laba. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dan hasil dari penelitian tersebut akan penulis tuangkan dalam sebuah karya tulis yang berjudul “TINJAUAN ANALISIS BIAYA PRODUKSI, VOLUME PENJUALAN DAN LABA PENJUALAN PADA CV BI-ENSI FESYENINDO”. Informasi yang diperoleh manajemen perusahaan dapat diolah menjadi bentuk informasi lain dengan menggunakan beberapa parameter. Pada CV. Bi- Ensi Fesyenindo, manajemen perusahaan menggunakan analisis biaya produksi, volume penjualan, dan laba penjualan untuk mengetahui penjualan pada titik impas (Break Even Point), Margin of Safety, dan Degree of Operating Laverage.Dari hasil perhitungan oleh manajemen perusahaan, dapat diperoleh nilai BEP sebesar 15.246,37681 unit (Rp 952.898.550,00), Margin of Safety Rp 297.101.450,00 (23,77%), dan Degree of Operating Laverage sebesar 4,207317073 kali dari persentasi kenaikan penjualan. Dalam melakukan analisis biaya produksi, volume penjualan dan laba penjualan, perusahaan memisahkan biaya menjadi biaya variabel dan biaya tetap. Selain menggunakan BEP untuk mengetahui penjualan pada titik minimum, sebaiknya perusahaan juga menghitung BEP untuk menentukan Kombinasi produk yang akan dijual. Dengan mengetahui komposisi yang paling menguntungkan maka perusahaan diharapkan akan memaksimalkan laba yang akan diperolehnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5105
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.453Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.08Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.70Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.47Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.29Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 21.27Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.35Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 36.32Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 105.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 51.08Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 48.99Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.62Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.54Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record