KAMPANYE MANFAAT PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA

Widyatama Repository

KAMPANYE MANFAAT PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA

Show full item record

Title: KAMPANYE MANFAAT PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA
Author: Rachmat, Tenysa Meikaparaswati
Abstract: Permainan tradisional di zaman sekarang mulai kurang dikenali oleh anak-anak. Masyarakat tidak menyadari permainan tradisional adalah salah satu warisan budaya, memiliki keperluan untuk dilestarikan dan dipertahankan keberadaanya. Permaina tradisional yang cukup beragam itu perlu digali dan diperkembangkan karena mengandung nilai-nilai seperti kejujuran, sportivitas, kegigihan, kegotong royongan, juga dapat mengembangkan kreativitas anak, kognitif, efektif, maupun motoriknya. Komunitas HONG merupakan Pusat Kajian Mainan dan Permainan Rakyat yang melakukan penelitian mainan sejak tahun 1996. Saat ini, Komunitas HONG berusaha memperkenalkan kembali mainan dan permainan rakyat dengan tujuan menanamkan sebuah pola pendidikan masyarakat agar seorang anak mengenal dirinya, lingkungannya dan Tuhannya. Komunitas HONG memerlukan kampanye yang tepat untuk mengenalkan dan memberikan informasi tentang manfaat permainan tradisional. Kampanye Manfaat Permainan Tradisional Sunda akan dibuat untuk mengenalkan kembali kepada masyarakat khususnya orang tua agar mengetahui seberapa besar manfaat dalam permainan tradisional sunda dan anak dapat memainkan kembali permainan tradisional yang sudah jarang dijamak oleh anak-anak saat ini. Perancangan visual kampanye yang dibuat mengenai pengenalan dan manfaat permainan tradisional sunda. Konsep yang digunakan dalam membuat perancangan kampanye yaitu menarik dan berwarna cerah, dengan menggunakan pendekatan bidang desain komunikasi visual. Visual yang dirancang didalamnya mengandung unsur-unsur grafis yaitu gaya visual, bahasa visual, gaya gambar, bentuk, warna, tipografi, elemen estetis, grid system dan layout. Pemilihan material, penentuan ukuran media aplikasi visual kampanye, penjabaran teknik, dan pembahasan biaya produksi, menjadi bagian teknis pekerjaan yang dilalui dalam pembuatan desain. Hasil akhir terpenting adalah visualisasi karya desain kampanye dapat diterima oleh masyarakat sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik khususnya pada orang tua yang mempunyai anak.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4957
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 93.14Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 360.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 91.06Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 162.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 79.16Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 72.13Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 163.2Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 158.9Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 25.16Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 259.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 1.556Mb PDF View/Open
Bab 3.pdf 346.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 3.506Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 1.920Mb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.69Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record