UPAYA PENURUNAN PRODUK CACAT CELANA LEGGING DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi Di Whoops Bandung)

Widyatama Repository

UPAYA PENURUNAN PRODUK CACAT CELANA LEGGING DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi Di Whoops Bandung)

Show full item record

Title: UPAYA PENURUNAN PRODUK CACAT CELANA LEGGING DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi Di Whoops Bandung)
Author: Wahyuanti, Annisa Winda
Abstract: Whoops Bandung merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri. Salah satu produk andalannya yaitu celana legging yang bahan baku utamanya menggunakan cotton spandex. Perusahaan mengalami cacat produk sebesar 10,6% atau 159 unit dari 1500 unit. Sedangkan batas toleransi cacat produk yang ditentukan oleh perusahaan sebesar 5%. Disini terlihat adanya kesenjangan antara harapan perusahaan dengan kenyataan yang terjadi di perusahaan. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya penurunan produk cacat pada celana legging dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). FMEA adalah suatu metode untuk mengidentifikasi dan mencegah bentuk kegagalan potensial (potentian failure mode) dapat ditekan melalui langkahlangkah perbaikan berdasarkan suatu prioritas. Dari hasil penelitian, diketahui cacat yang paling berpengaruh pada produksi celana legging yaitu cacat cutting, cacat jahit, dan cacat obras dengan nilai RPN sebesar 280, 384, dan 288. Dari ketiga cacat teresebut, diteliti kembali dengan menggunakan diagram sebab-akibat (fishbone chart) untuk memperlihatkan hubungan antara permasalahan yang dihadapi dengan kemungkinan-kemungkinan penyebabnya, juga berguna untuk membantu menyelesaikan permasalahanpermasalahan yang dihadapi dengan mengaitkan penyebabnya serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Setelah itu dilakukan usulan perbaikan untuk setiap jenis cacat produk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4953
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.97Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 894.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.48Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 45.77Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 36.37Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 32.70Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.48Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.68Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 87.74Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 129.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 61.13Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 116.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.35Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.42Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record