TINJAUAN ATAS ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA KOPERASI SWADHARMA WILAYAH 04 PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO)Tbk.

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA KOPERASI SWADHARMA WILAYAH 04 PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO)Tbk.

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA KOPERASI SWADHARMA WILAYAH 04 PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO)Tbk.
Author: Fitria, Nur
Abstract: Masalah modal kerja berhubungan erat dengan kegiatan operasi seharihari, sehingga bagi suatu koperasi usaha untuk meningkatkan modal kerja merupakan hal penting. Tingkat modal kerja suatu koperasi dapat dilihat melalui analisis sumber dan penggunaan modal kerja, karena dengan dilakukannya analisis tersebut dapat diketahui kenaikan atau penurunan modal kerja koperasi dan dapat juga mengetahui bagaimana koperasi menggunakan dana yang dimilikinya. Dalam penelitian tugas akhir ini penulis mengidentifikasi masalah yaitu bagaimana penyusunan laporan sumber dan penggunaan modal kerja dan bagaimana hasil analisis sumber dan penggunaan modal kerja pada Koperasi Swadharma Wilayah 04 PT. Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk. Bandung. Bedasarkan masalah yang diambil tersebut maka penulis menggunakan metode deskripsi analisis dalam pemecahannya. Selain itu dalam menunjang dalam analisis ini penulis mengumpulkan data melalui kerja praktik, wawancara, dan observasi. Data yang diperoleh dari koperasi meliputi neraca dan laporan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperbandingkan, untuk tahun 2007 dan 2008. Sedangkan untuk penyusunan laporan sumber dan penggunaan modal kerja penulis menggunakan metode kertas kerja atau work sheet. Bedasarkan hasil analisis sumber dan penggunaan modal kerja maka dapat diketahui bahwa koperasi Swadaharma Wilayah 04 Bandung mengalami kenaikan modal kerja sebesar Rp.2.366.246.528 dibandingkan tahun sebelumnya. Dalam pelaksanaan analisis sumber dan penggunaan modal kerja diharapkan koperasi swadharma dapat mempertahan modal kerjanya dengan meningkatkan sumber yang berasal dari simpanan anggota dan cadangan perluasan modal sehingga hutang bank jangka panjang dapat diminimalkan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4930
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Lembar Pengesahan.pdf 25.09Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.29Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.38Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 33.64Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.46Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.64Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 53.71Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 197.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 71.40Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 86.59Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.60Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.22Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record