TINJAUAN ATAS PERHITUNGAN BUNGA PINJAMAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM SWADHARMA WILAYAH 04 PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk.

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS PERHITUNGAN BUNGA PINJAMAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM SWADHARMA WILAYAH 04 PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk.

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS PERHITUNGAN BUNGA PINJAMAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM SWADHARMA WILAYAH 04 PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk.
Author: Restiawati, Dini
Abstract: Seiring perkembangan zaman, kebutuhan masyarakat pun semakin besar. Oleh karena itu koperasi semakin tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Karena kebutuhan masyarakat akan materi semakin meningkat dan tingkat inflasi yang cukup tinggi, maka koperasi simpan pinjam semakin banyak tumbuh dan berkembang dikalangan masyarakat. Salah satu kelebihan dari koperasi simpan pinjaman yang menjadikan koperasi simpan pinjam lebih menarik daripada pinjaman di luar adalah dengan memberikan bunga serendah mungkin agar tidak memberatkan anggota. Dengan adanya perbedaan kebijakan penentuan dan perhitungan suku bunga antara pinjaman koperasi dan pinjaman bank, maka penulis tertarik untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam Swadharma Wilayah 04 dalam cara perhitungan suku bunga. Maka dari penulis menyusun laporan tugas akhir ini dengan judul : “TINJAUAN ATAS PERHITUNGAN BUNGA PINJAMAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM SWADHARMA WILAYAH 04 PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk.” Dalam menghitung bunga pinjaman, Koperasi Swadharma Wilayah 04 menggunakan metode flat. Dimana metode itu memudahkan perhitungan bunga oleh anggota maupun petugas unit pinjaman itu sendiri karena bunga yang tertera sama besar tiap bulan selama jangka waktu yang telah ditentukan. Dalam Koperasi Simpan Pinjam ini, dengan kondisi pelunasan lebih awal, KSP Swadharma Wil.04 menggunakan metode semi flat. Perbedaannya terdapat pada jumlah bunga yang dibayar peminjam pada saat pelunasan sebelum tanggal jatuh tempo. Ada beberapa hambatan yang dialami oleh Koperasi Simpan Pinjam Swadharma Wilayah 04 Bandung dalam kegiatan operasional unit pinjaman. Dalam tugas akhir ini penulis mengemukakan usaha-usaha yang dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam Swadharma Wilayah 04 Bandung dalam mengatasi hambatan yang terjadi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4916
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 80.48Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 86.70Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 79.70Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 96.32Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 101.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 80.36Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 80.86Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 97.06Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 267.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 266.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 257.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 84.74Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 84.57Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record