TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PERHITUNGAN, PEMUNGUTAN DAN PELAPORAN PAJAK REKLAME PADA DINAS PENDAPATAN KOTA BANDUNG (DIPENDA)

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PERHITUNGAN, PEMUNGUTAN DAN PELAPORAN PAJAK REKLAME PADA DINAS PENDAPATAN KOTA BANDUNG (DIPENDA)

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PERHITUNGAN, PEMUNGUTAN DAN PELAPORAN PAJAK REKLAME PADA DINAS PENDAPATAN KOTA BANDUNG (DIPENDA)
Author: Sari, Ayunda Nilam
Abstract: Salah satu Pajak Daerah Kota Bandung yang memiliki kontribusi yang besar adalah Pajak Reklame. Berdasarkan Peraturan Daerah No.8 Tahun 2003 tentang Pajak Reklame, menyatakan bahwa Pajak Reklame adalah pajak atas penyelenggaraan reklame. Subjek Pajak Reklame adalah orang atau badan yang menyelenggaraan atau melakukan pemesanan reklame. Objek Pajak Reklame yaitu semua penyelenggaraan reklame kecuali penyelenggaraan reklame melalui internet, televise, radio, warta harian, warta mingguan, warta bulanan, dan reklame yang diadakan khusus untuk kegiatan sosial, pendidikan, keagamaan, dan politik tanpa sponsor.Penulis melakukan penelitian pada Dinas Pendapatan Kota Bandung yang beralamat di Jln. Wastukencana No.2 Bandung. Metode yang digunakan penulis dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif analisis..Berdasarkan hasil dari pembahasan untuk Pajak Reklame ternyata DIPENDA Kota Bandung menggunakan Official Assesment system, yaitu DIPENDA yang memberikan wewenang untuk menentukan besarnya pajak yang terutang oleh Wajib Pajak. Namun demikian DIPENDA Kota Bandung telah menerapkan tata cara perhitungan, sistem pemungutan dan pelaporan Pajak Reklame dengan baik sesuai dengan peraturan Undang-Undang Perpajakan yang berlaku.Saran untuk Dinas Pendapatan Kota Bandung, yaitu sebaiknya DIPENDA memberikan pembinaan dan penyuluhan yang sangat jelas secara berkala dengan cara mengadakan seminar kepada orang-orang yg berkepentingan dibidang pemasangan reklame, atau mengadakan kuliah umum di kampus-kampus agar mahasiswa yang tertarik dibidang pemasangan reklame mengetahui kepada mengenai tata cara perhitungan Pajak Reklame sehingga Wajib Pajak dapat menentukan sendiri besarnya jumlah Pajak Reklame yang terutang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4905
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.10Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.01Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 62.08Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 113.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 101.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 106.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.96Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.09Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record