TINJAUAN ATAS ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DENGAN PERHITUNGAN RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, AKTIVITAS DAN RENTABILITAS PADA PT DIRGANTARA INDONESIA (Persero)

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DENGAN PERHITUNGAN RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, AKTIVITAS DAN RENTABILITAS PADA PT DIRGANTARA INDONESIA (Persero)

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DENGAN PERHITUNGAN RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, AKTIVITAS DAN RENTABILITAS PADA PT DIRGANTARA INDONESIA (Persero)
Author: Handayani, Shanty
Abstract: Dalam laporan tugas akhir ini penulis melakukan penelitian pada PT Dirgantara Indonesia (Persero) yang berlokasi di Jln Pajajaran No 154 Bandung. PT Dirgantara Indonesia (Persero) merupakan satu-satunya produsen pesawat terbang di Indonesia yang bergerak dalam bidang pembuatan pesawat dan pelayanan “Purna Jual’’, dan yang menjadi objek penelitian adalah “ Tinjauan Atas Analisis Laporan Keuangan Dengan Perhitungan Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas dan Rentabilitas’’. Hal ini dikarenakan dengan analisis rasio laporan keuangan manajemen dapat mengetahui kondisi dan kinerja perusahaan dalam mengatasi masalah keuangan perusahaan. Laporan tugas akhir ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui penyajian laporan keuangan pada perusahaan dan untuk mengetahui bagaimana cara PT Dirgantara Indonesia (Persero) dalam menilai kondisi perusahaan dengan menggunakan analisis rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan rentabilitas pada tahun 2003 sampai dengan 2005. Dalam laporan tugas akhir ini penulis melakukan penelitian dengan metode deskriptif, yaitu metode penelitian yang membandingkan suatu masalah yang diteliti secara langsung ke lapangan dengan teori yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan dengan cara mengamati langsung kegiatan perusahaan dengan melakukan kerja praktik pada PT Dirgantara Indonesia (Persero) divisi Akuntansi, sedangkan studi kepustakaan dilakukan dengan cara membaca dan mempelajari literatur-literatur yang berkaitan dengan judul laporan tugas akhir ini untuk lebih memahami teori-teori yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa PT Dirgantara Indonesia (Persero) telah menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan kondisi perusahaan dengan analisis rasio likuiditas yang telah likuid, solvabilitas perusahaan dalam keadaan insolvable, aktivitas perusahaan yang cukup efektif dalam mengelola sumber dananya dan rentabilitas perusahaan yang cukup baik dalam mendapatkan keuntungan. Adapun saran penulis untuk perusahaan adalah untuk melakukan pengelolaan persediaan dengan efektif supaya tidak tejadi overstock, untuk memperkecil beban dan meningkatakan penjualan untuk mendapatkan laba yang optimal dan perusahaan sebaiknya melakukan revitalisasi melalui negoisasi supaya terjadi perubahan hutang jangka pendek menjadi hutang jangka panjang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4789
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.74Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 93.23Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 40.85Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 34.17Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 55.18Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.61Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 28.38Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 47.98Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 216.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 96.78Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 319.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.57Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 41.51Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record