TINJAUAN ATAS METODE PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO)

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS METODE PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO)

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS METODE PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO)
Author: Rah, Anggraeni Sri
Abstract: Persoalan yang sedang dihadapi perusahaan akan bertambah sulit seiring dengan berkembangnya perusahaan. Salah satu persoalan yang akan dihadapi oleh suatu perusahaan adalah persoalan persediaan. Pada perusahaan dagang, persediaan merupakan unsur yang sangat penting karena sebagaian besar aktiva perusahaan adalah dalam bentuk persediaan dan juga persediaan sangat berpengaruh terhadap laba kotor perusahaan. Seperti kita ketahui, motif didirikannya suatu perusahaan dagang tidak lain untuk mencari laba. Pada dasarnya laba perusahaan merupakan nilai penjualan dikurangi dengan harga pokok penjualannya, karena kegiatan utama dari perusahaan dagang adalah jual beli persediaan barang dagangan. Laba demikian disebut laba kotor. Laba kotor ini sangat dipengaruhi oleh nilai persediaan akhir yang tercatat, karena nilai persediaan akhir merupakan komponen dari harga pokok penjualan. Dengan asumsi nilai penjualan tetap, nilai persediaan akhir yang berbeda akan menghasilkan laba kotor yang berbeda pula karena nilai tersebut mempengaruhi harga pokok penjualannya. Perbedaan nilai persediaan tersebut disebabkan oleh metode penilaiaan yang berbeda. Maka dari itu penulis mengambil judul “Tinjauan Atas Metode Pencatatan dan Penilaian Persediaan Barang Dagangan Pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)”.Penulis melakukan studi penelitian pada PT. PPI (Persero) yang bergerak dibidang distributor khususnya pupuk urea, yang wilayah pemasarannya mencakup 5 cabang yaitu cabang Bandung, Sukabumi, Bogor, Cianjur dan Purwakarta. Objek penelitian penulis adalah persediaan barang dagangan yang dimiliki perusahaan pada bulan Januari 2008. Penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa metode penilaiaan dan pencatatan persediaan yang selama ini diterapkan oleh perusahaan yaitu metode FIFO, sudah sesuai dengan PSAK Indonesia. Saran dari penulis untuk perusahaan agar perusahaan senantiasa menjaga konsistensi terhadap kelangsungan sistem pencatatan serta metode penilaian persediaannya yang sudah dilaksanakan dengan baik. Karena dengan menggunakan sistem pencatatan perpetual dan penilaian persediaan barang dagangan menggunakan metode FIFO untuk perusahaan telah sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini. Dan Sebaiknya stock persediaan untuk cabang yang perputaran persediaannya rendah dengan memperhatikan iron stock dapat dialihkan ke cabang yang perputaran persediaannya cepat. Untuk memenuhi kebutuhan akun persediaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4773
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.60Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 134.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 51.43Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 63.45Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 90.84Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.08Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.70Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 25.76Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 64.81Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 92.61Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 134.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 171.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.23Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record