ANALISIS PENGARUH FAKTOR - FAKTOR LOKASI TERHADAP LOKASI STRATEGIS DAN PENENTUAN LOKASI PUSAT DISTRIBUSI PUPUK UREA (Studi Kasus di PT Pupuk Kujang Cikampek)

Widyatama Repository

ANALISIS PENGARUH FAKTOR - FAKTOR LOKASI TERHADAP LOKASI STRATEGIS DAN PENENTUAN LOKASI PUSAT DISTRIBUSI PUPUK UREA (Studi Kasus di PT Pupuk Kujang Cikampek)

Show full item record

Title: ANALISIS PENGARUH FAKTOR - FAKTOR LOKASI TERHADAP LOKASI STRATEGIS DAN PENENTUAN LOKASI PUSAT DISTRIBUSI PUPUK UREA (Studi Kasus di PT Pupuk Kujang Cikampek)
Author: Septiyanto, Defy
Abstract: PT. Pupuk Kujang adalah suatu perusahaan dengan kegiatan utamanya sebagai pembuat pupuk di kota Cikampek, banyak konsumen yang berminat akan produk ini baik dari dalam maupun dari luar kota Cikampek. Untuk memberikan kemudahan serta pelayanan yang maksimal kepada konsumen serta memperluas daerah pemasaran maka dipandang perlu mendirikan pusat distribusi pupuk di wilayah timur Jawa Barat. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam tugas akhir ini adalah (1) Mendefinisikan kriteria-kriteria yang dipertimbangkan dalam menentukan lokasi yang strategis, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh kriteria-kriteria tersebut terhadap penentuan lokasi distribusi produk, (3) usulan menentukan alternatif lokasi distribsui yang strategis dengan menggunakan metode Promethee. Cara pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode observasi, dan penyebaran kuisioner. Pengolahan data menggunakan Path Analysis dan Promethee. Metode yang digunakan dalam menentukan pusat distribusi yaitu Preference Ranking Organization Method Foer Enrichment Evaluation (Promethee). Promethee adalah suatu metoda yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pengambilan keputusan yang termasuk kategori multi kriteria. Path Analysis adalah terjemahkan dalam bahasa statistika, maka penelitian dapat juga diartikan sebagai usaha untuk mengungkapkan hubungan antara variabel. Dalam penentuan lokasi pusat distribusi untuk wilayah Timur Jawa Barat di kota Bandung, Nagreg, Tasikmalaya dan Ciamis diperlukan berbagai pertimbangan yang diperlukan dalam menentukan lokasi yang strategis. Dengan menggunakan metode Path Analysis faktor penentuan lokasi dalam penentuan lokasi yaitu : Lokasi Strategis, Fasilitas, Jumlah Pesaing, Jarak dari pabrik ke calon lokasi, dan Harga sewa Kavling. Berdasarkan hasil perhitungan Path Analysis dari variabel harga sewa memberikan pengaruh terhadap lokasi strategis secara signifikan sebesar 3.03 %, variabel jarak berpengaruh secara signifikan sebesar 1.99 %, variabel jumlah pesaing memberikan pengaruh signifikan sebesar 4.45 %, sedangkan variabel fasilitas terhadap sebesar 63.52 %, nilai ini jelas signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode Promethee maka dapat diputuskan 4 kriteria yang digunakan dalam penentuan pusat distribusi yang baru bagi PT. Pupuk Kujang Cikampek untuk wilayah timur Jawa Barat yaitu Bandung, Nagreg, Tasikmalaya dan Ciamis. Dari hasil pengumpulan data maka ditentukan 4 alternatif lokasi yang memenuhi kriteria tersebut sebagai alternatif keputusan. Dari hasil pengolahan data pada Promethee I (Partal Ranking) diperoleh ranking terbaik adalah Bandung, sedangkan hasil pada Promethee II (Complete Ranking) Bandung, masih berada pada urutan pertama.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/4763
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 82.26Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 48.06Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 46.15Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.90Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.54Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.80Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 26.56Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 42.73Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 250.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 113.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 255.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 86.99Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 40.75Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.56Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record